KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA

Ermawati, (2013) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (292Kb) | Preview

    Abstract

    Ermawati. KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui ada atau tidak adanya kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri I Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012; (2) mengetahui ada atau tidak adanya kontribusi yang signifikan antara penggunaan sumber belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri I Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012; (3) mengetahui ada atau tidak adanya kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan penggunaan sumber belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri I Polokarto Kabupaten SukoharjoTahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sejumlah 197 siswa dengan sampel 39 siswa. Teknik pengambilan sempel dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, sedangkan teknik analisis datanya adalah teknik analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Negeri I Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012; (2) Ada kontribusi yang signifikan antara penggunaan sumber belajar dengan kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Negeri I Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012; (3) Ada kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dan penggunaan sumber belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Negeri I Polokarto Tahun Ajaran 2011/2012. Temuan lain yang dapat dilaporkan dalam penelitian ini adalah persamaan garis regresi linier 2 1 X 0,6291 X 0,0032 43,1221 Yˆ    . Hal ini berarti bahwa rata-rata tingkat kemampuan awal kognitif Fisika siswa (Y) sebesar 43,1221 akan meningkat atau menurun sebesar 0,0032 untuk setiap ada peningkatan atau penurunan satu unit motivasi belajar (X₁) dan akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,6291 untuk setiap ada peningkatan atau penurunan satu unit penggunaan sumber belajar (X₂). Besarnya sumbangan yang diberikan oleh masing-masing variabel adalah : (1) Sumbangan relatif motivasi belajar (X₁) dengan kemampuan kognitif Fisika siswa (Y) sebesar SRX1 = 0,1654 %; (2) Sumbangan relatif penggunaan sumber belajar (X₂) dengan kemampuan kognitif Fisika siswa (Y) sebesar SRX2 = 99,8346 %; (3) Sumbangan efektif motivasi belajar (X₁) dengan kemampuan kognitif Fisika siswa (Y) sebesar SEX1= 0,0128 %; (4) Sumbangan efektif penggunaan sumber belajar (X₂) dengan kemampuan kognitif Fisika siswa (Y) sebesar SEX2 = 7,7057 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:08
    Last Modified: 03 May 2014 18:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14363

    Actions (login required)

    View Item