Pengembangan Buku Teks Tembang dan Puisi Jawa Modern untuk Prodi Pendidikan Bahasa FKIP dengan Pendekatan Sosiologi Sastra (Penelitian Pengembangan (R&D) di FKIP dan PPs UNS Surakarta)

Waluyo, Herman J. and St. Y. Slamet, (2012) Pengembangan Buku Teks Tembang dan Puisi Jawa Modern untuk Prodi Pendidikan Bahasa FKIP dengan Pendekatan Sosiologi Sastra (Penelitian Pengembangan (R&D) di FKIP dan PPs UNS Surakarta). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Kata kunci: pengembangan, buku teks, Sastra dan Kebudayaan Jawa, pendekatan Sosiologi Sastra. Meskipun telah tersedia buku acuan yang telah disediakan para dosen dalam perkuliahan Sastra dan Budaya Jawa untuk semester II dan Pendidikan Bahasa Jawa Semester II, namun pembelajaran Sastra dan Budaya Jawa masih memerlukan buku teks untuk pengayaan atau buku teks yang meliputi materi perkuliahan yang cukup luas dan cukup lengkap dan dalam kurun waktu yang meliputi bahan perkuliahan yang diperlukan. Untuk sastra Jawa diperlukan bahan puisi lama yang disebut tembang beserta contoh penerapannya dalam kitab-kitab kuno dan puisi modern yang masih ditulis sampai saat ini. Dalam hal novel atau prosa fiksi juga diperlukan penjelasan tentang dongeng-dongeng lama dan novel-novel Jawa modern yang juga masih ditulis oleh para pengarang saat ini. Begitu juga tentang kebudayaan Jawa, diperlukan referensi yang cukup lengkap dan memadai tentang kebudayaan Jawa yang sangat penting untuk dilestarikan oleh para calon pakar dalam bahasa dan budaya Jawa. Penelitian ini berusaha untuk mengembangkan buku teks Tembang dan Puisi Jawa Modern (Tahun I), Dongeng dan Novel Jawa Modern (Tahun II); dan Adat dan Upacara dalam Kebudayaan Jawa (Tahun III). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) yang dilaksanakan selama tiga tahun seperti tersebut di atas. Seperti disebutkan di depan, tahun I (2012) mengembangkan buku teks puisi; tahun II (2013) mengembangkan buku teks prosa fiksi; dan tahun III (2014) mengembangkan buku tentang Adat dan Upacara dalam Budaya Jawa. Sebelum penelitian pengembangan, diadakan: penelitian pendahuluan (survai kebutuhan). Setelah itu, tahap penyusunan prototype; pengembangan prototype menjadi buku teks; dan uji efektivitas buku teks. Pada tahap kedua, dihasilkan prototype buku teks; pada tahap ketiga dihasilkan buku teks yang sudah divalidasi; dan pada tahap keempat dihasilkan buku teks yang sudah diuji dalam eksperimen dan diterbitkan, diseminarkan melalui FGD untuk diseminasi dan pemasaran. Penelitian dilaksanakan di FKIP UNS dan PPs UNS, dari tahun 2012 sampai dengan 2014. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan pada tahap ketiga, dengan statistik Uji-t yang mengujiujicoba luas; pada tahap keempat analisis dengan statistik Anava dua jalan untuk menguji efektivitas buku teks tersebut. Buku teks diterbitkan setiap tahun dan ber-ISBN. Pada akhir tahun ke-3, buku teks secara menyeluruh diterbitkan dan ditawarkan kepada stakeholders.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 02:53
    Last Modified: 03 May 2014 02:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14341

    Actions (login required)

    View Item