PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN USAHA KONFEKSI

Nurkhayati, Amelia and Suharno, and Amir, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN USAHA KONFEKSI. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (9).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (216Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The aim of this research is to improve the writing skills of confectionery observation reports through cooperative learning model of articulation type of students in grade V of State Elementary School Joho 4 Sukoharjo sub-district in academic year 2012/2013. This research is a classroom action research. It was held in two cycles, in each which each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were grade V students Joho 4, amounting to 25 people consisting of men 17 and women 8. The techniques of collecting data are observation, interview, test, and documentation. To get data validity, the researcher used data and source triangulation. The data analysis used was interactive analysis comprising three components: data reduction, data display, and conclusion. The research can be concluded that cooperative learning model of articulation type can improve the writing skills of confectionery observation reports in the grade V students of State Elementary School Joho 4 Sukoharjo sub-district in Academic Year 2012/2013. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan usah konfeksi melalui pembelajaran kooperatif tipe artikulasi pada peserta didik kelas V SD N Joho 4 Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD N Joho 4 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan usaha konfeksi pada peserta didik kelas V SD N Joho 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Kata Kunci: metode artikulasi, keterampilan menulis

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 03:09
    Last Modified: 03 May 2014 03:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14339

    Actions (login required)

    View Item