UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

Setiasih, Sari and Istiyati, Siti and Hidayah, Noer (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (9).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (132Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research is to improve the concept understanding of earth surface appearance at the third grade students in MI Assirajiyah Menur in the academic year of 2012/2013 through the use of audio visual media. The form of this research was classroom action research that has been done in two cycles. Data collection techniques used interviews, observation, tests, and documentations. The techniques of data analysis used analitycal interactive model. The results showed that through audio visual media can enhance the understanding concept of earth surface appearance at the third students in MI Assirajiyah Menur in the academic year of 2012/2013. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kenampakan permukaan bumi pada peserta didik kelas III MI Assirajiyah Menur melalui penggunaan media audio visual. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep kenampakan permukaan bumi pada peserta didik kelas III MI Assirajiyah Menur tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: media audio visual, pemahaman konsep

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 03:09
    Last Modified: 03 May 2014 03:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14338

    Actions (login required)

    View Item