PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Sulistyorini, Hesti and Sutijan, and Samidi , (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (9).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (232Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research is to increase reading and writing skill of javanese letters through cooperative learning model type CIRC. The form of this research was Classroom Action Research (CAR) that has been done in two cycles. Each cycles consist of four phases, those are planning, action implementation, observation, and reflection. Data collecting technique that used are observation, interview, documentation, and test. Data validity test in this research are sources triangulation and method triangulation. The technique of analyzed data was interactive analysis model including four steps, those are data colleting, data reduction, data display, and conclusion with descriptive comparative analysis is compared result among cycles. The conclusion of this reseacrh is through cooperative learning model type cooperative integrated reading and composition (CIRC) can increase reading and writing skill of javanese letters at third grade student SD Negeri Celep 02. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus. Simpulan dari penelitian ini yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa pada peserta didik kelas III SD Negeri Celep 02. Kata Kunci: Keterampilan membaca dan menulis, aksara Jawa, CIRC.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 03:09
    Last Modified: 03 May 2014 03:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14337

    Actions (login required)

    View Item