Hibridisasi dan Seleksi Plasma Nutfah Anggrek Alam Indonesia untuk Meningkatkan Mutu Genetik dan Nilai Ekonomi serta Karakterisasi Berdasarkan Sitologi dan Molekuler

Djoar, Djati Waluyo and Nandariyah, and Hartati, Sri and Linda Y., Wachidatul (2012) Hibridisasi dan Seleksi Plasma Nutfah Anggrek Alam Indonesia untuk Meningkatkan Mutu Genetik dan Nilai Ekonomi serta Karakterisasi Berdasarkan Sitologi dan Molekuler. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Kata kunci :, anggrek alam, fenotip biner, keragaman genetik, RAPD Tujuan penelitian untuk mengetahui keragaman dan tingkat pengelompokan beberapa anggrek spesies alam yang ada di Indonesia. Metode penelitian laboratorium dilakukan di Laboratorium PKHT (Pusat Kajian Hortikultura dan Tropika) IPB di Bogor dengan cara menganalisis keragaman anggrek spesies menggunakan metode RAPD. Bahan tanaman diambil dari koleksi anggrek alam di Kebun Raya Bogor. Bahan : 15 genotip anggrek alam dianalisis menggunakan data biner dan pola pita DNA yang diperoleh dari hasil amplifikasi 5 primer dekamer acak RAPD. Analysis cluster dilakukan dengan program NTSYSpc versi 2.02i dengan metode UPGMA fungsi SimQual (Rohlf (2000) dalam Mansyah et. al., 2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keragaman genetik dan pengelompokan antar anggrek alam Indonesia. Penanda RAPD dengan primer OPA7, OPA9, OPA 13, OPA 16 san OPA 19 pada hasil dendrogram menunjukkan bahwa pada koefisien kemiripan 60% terdapat 5 kelompok yaitu kelompok I terdiri dari Phaius tankervilae, Phaius callosus, kelompok II terdiri dari Phaius amboinensis, Coelogyne mayeriana, Coelogyne asperata, Vanda diarei, Dendrobium merbelianum, Dendrobium lamellatum, Dendrobium linneale, Dendrobium anosmum, dan Dendrobium biggibum. Kelompok III terdiri dari Coelogyne rompeii. Kelompok IV Vanda insignis dan Vanda limbata, kelompok V terdiri dari Phaius montanus.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 02:51
    Last Modified: 03 May 2014 02:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14334

    Actions (login required)

    View Item