Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS melalui Model Value Clarification Technique (VCT) sebagai Revitalisasi Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Bangsa

Suryani, Nunuk and Haryati, Sri (2012) Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS melalui Model Value Clarification Technique (VCT) sebagai Revitalisasi Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Bangsa. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Kata kunci : internalisasi nilai karakter, pembelajaran IPS, Model Value Clarification Technique Secara umum penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan suatu model internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS melalui Model Value Clarification Technique. Secara khusus tujuan tahun I ini, yaitu : Memamparkan model pembelajaran karakter dalam mata pelajaran IPS SMP kelas II semester I yang ada saat ini yang meliputi (a) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan mengaitkan nilai karakter selama ini di sekolah.; (b) Medeskripsikan keterkaitan model pembelajaran IPS dengan muatan karakter yang ada dengan hasil-hasil penelitian bidang pembelajaran IPS berbasis karakter yang ada; (c) Mendeskripsikan kendala yang terjadi dalam pembelajaran mata pelajaran IPS berbasis karakter dan bagaimana solusi yang ditempuh oleh guru dan (d) medeskripsikan prosedur pengembangan model internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS melalui model VCT (Value Clarification Technique) untuk siswa SMP Kelas II semester I yang dikembangkan dari penelitian ini. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri tahun 2012.Metode yang digunakan dalam penelitian tahun I adalah metode diskriptif kualitatif. Penganmbilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena disesuaikan dengan tujuan dan yang mengetahui permasalahannya. Data-data yang diperlukan diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen . Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil yang diperoleh : (1)Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan mengaitkan nilai karakter selama ini, egiatan pembelajaran dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang dikembangkan, hanya mencantumkan nilai-niali karakter pada RPP. (2) .Dalam pembelajaran IPS di SMP, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal. Guru IPS masih terfokus pada materi pelajaran pokok sehingga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan sering terlupakan. Proses internalisasi nilai dalam kegiatan pembelajaran belum nampak. Kegiatan belajar mengajar masih bersifat konvensional dan belum memasukkan nilai-nilai karakter secara intensif, (3) Hambatan/kendala antara lain : Belum ada kebijakan dari pemerintah dan sekolah untuk mengadakan penilaian terhadap pelaksanaan internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS secara baku, Kurangnya pemahaman guru terhadap metode dan model pembelajaran yang dapat mendukung pelaksanaan internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS, Terbatasnya alokasi dana khusus untuk pelaksanaan internalisasi nilai karakter dan kurangnya sarana prasarana pendukung pendidikan karakter di sekolah.(4)prosedur pengembangan model internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS melalui model VCT (Value Clarification Technique) untuk siswa SMP Kelas II semester I yang dikembangkan dari penelitian in adalah menggunakan model DICK and CAREY.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 02:39
    Last Modified: 03 May 2014 02:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14326

    Actions (login required)

    View Item