PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Wijayanto, Ari Adi Nur (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (702Kb) | Preview

    Abstract

    Ari Adi Nur Wijayanto. PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) disertai LKS terhadap hasil belajar siswa kelas Kelas VII SMP N 21 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) menggunakan Posstest Only Control Group Design.Variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan variabel terikat adalah hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII (VIIA-VIIG) semester genap SMP N 21 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 dengan total jumlah populasi 225 orang. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIIG yang berjumlah 33 orang sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VIIF berjumlah 32 orang sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar ranah afektif serta psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 17. Tingkat signifikasi (α) = 0,05. Hasil perhitungan menunjukkan nilai t = -0,687 dan p-value = 0,494 pada ranah kognitif, nilai t = 7,100 dan p-value = 0,0001 pada ranah afektif, serta nilai t = 13,505 dan p-value = 0,0001 pada ranah psikomotor. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) disertai LKS berpengaruh nyata terhadap hasil belajar ranah afektif dan ranah psikomotor tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas siswa kelas Kelas VII SMP N 21 Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:10
    Last Modified: 03 May 2014 18:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14325

    Actions (login required)

    View Item