Pengembangan Model Assessment for Learning (AfL) melalui Penilaian Teman Sejawat untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama

Budiyono, and Mardiyana, and Riyadi, (2012) Pengembangan Model Assessment for Learning (AfL) melalui Penilaian Teman Sejawat untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model assessment for learning (AfL) melalui penilaian teman sejawat dalam pembelajaran Matematika di beberapa sekolah menengah pertama. Pada dasarnya penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) yang prosedur pelaksanaannya diadopsi dari penelitian dan pengembangan model Borg & Gall. Untuk tahun pertama, yaitu pada tahun 2012, dikembangkan prototype model dan dilaksanakan uji coba skala kecil di tiga sekolah menengah pertama, yaitu di SMP Negeri 2 Satu Atap Klambu Grobogan, di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta, dan di MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Model yang telah diperoleh berdasar uji coba skala kecil tersebut adalah model pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Pada suatu pembelajaran, yang biasanya berlangsung selama 2 × 40 menit, guru merancang sebuah tes pendek yang dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 10 – 15 menit. Tes pendek tersebut pada tingkat kesukaran sedang. Tes terdiri dari butir-butir soal yang variasi jawabannya tidak menyebar (terlalu banyak). (2) Di samping membuat tes pendek tersebut, guru membuat rubrik penilaian yang dapat dengan mudah digunakan oleh siswa. Rubrik tersebut harus mudah dipahami dan dibuat sejelas mungkin. (3) Tes pendek yang telah dibuat guru diberikan kepada siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung, dapat di tengah-tengah atau di akhir pembelajaran. (4) Siswa mengerjakan tes tersebut dengan menggunakan pulpen dengan tinta warna khusus, misalnya dengan tinta hitam. (5) Setelah tes selesai dikerjakan, dilakukan penilaian teman sejawat di mana pekerjaan seorang siswa diperiksa oleh siswa lainnya. (6) Sebelum pemeriksaan dimulai, guru membagikan rubrik penilaian kepada seluruh siswa dan menjelaskan bagaimana penggunaan rubrik tersebut. (7) Dengan menggunakan rubrik, siswa mulai melakukan pemeriksaan terhadap pekerjaan siswa lainnya dengan menggunakan pulpen dengan tinta berbeda, misalnya dengan tinta merah. Dalam hal ini harus disediakan sejumlah pulpen yang mencukupi untuk seluruh kelas. Nama siswa penilai ditulis pada lembar pekerjaan untuk mengetahui siapa yang menilai siapa. (8) Dalam melakukan pemeriksaan tersebut, siswa penilai diminta untuk melakukan hal-hal berikut. Jika pekerjaan benar sempurna, diberikan pujian dengan menuliskan “excellent” pada lembar pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan hampir sempurna, tetapi masih ada kesalahan kecil, diberikan komentar “good”. Jika pekerjaan masih salah, diberikan komentar “not bad” dengan memberikan catatan perbaikan. (9) Disamping memberikan komentar-komentar tersebut, siswa penilai diminta untuk memberikan skor pada lembar pekerjaan. (10) Selama siswa melakukan pemeriksaan, guru tetap berada di kelas untuk menjawab dan atau menjelaskan hal-hal yang dirasa perlu penjelasan. (11) Pemeriksaan lembar pekerjaan di kelas diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 5 – 10 menit. (12) Setelah pemeriksaan selesai, lembar pekerjaan dikumpulkan kepada guru. Guru memeriksa ulang hasil pekerjaan siswa, melakukan koreksi ulang, jika ada sesuatu yang masih salah, dan memberikan balikan tambahan kepada pekerjaan siswa yang masih salah. Skor siswa dicatat untuk dilihat perkembangannya dari waktu ke waktu. Pada tahun kedua, model tersebut di atas akan diujicobakan kembali pada sekolahsekolah menengah di Propinsi Jawa Tengah, dengan mengambil sekolah yang lebih banyak, sebagai uji coba skala luas. Pada tahun ketiga, akan dilakukan uji efektivitas model dengan melakukan pembandingan model pembelajaran yang mengakomodasi AfL dengan penilaian teman sejawat dengan model yang biasa dilakukan guru, yaitu model yang tidak mengakomodasi AfL dengan penilaian teman sejawat.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 02:34
    Last Modified: 03 May 2014 02:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14321

    Actions (login required)

    View Item