Desain Rumah Tinggal Bioclimatic Menggunakan Panel Sandwich Green-Composites dari Limbah Pertanian dan Kertas sebagai Upaya Mitigasi Risiko Lingkungan Fisik (ABIOTIK)

Setyono, Prabang and Diharjo, Kuncoro and Miasa, I Made (2012) Desain Rumah Tinggal Bioclimatic Menggunakan Panel Sandwich Green-Composites dari Limbah Pertanian dan Kertas sebagai Upaya Mitigasi Risiko Lingkungan Fisik (ABIOTIK). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Kata kunci: sandwich green-composite, bioclimatic, komposit skin, komposit core Tujuan utama penelitian ini adalah mendapatkan desain dan model rumah tinggal bioclimatic dengan menggunakan panel sandwich green-composite yang bersifat hambat panas dan serap bising sebagai upaya langkah mitigasi lingkungan fisik perubahan iklim global (global warming). Tujuan khusus penelitian adalah: (1) merekayasa produk komposit core hambat panas dan serap bising dari limbah sekam padi (SP) – kertas HVS bekas (K) – PVAc, dan faktor-faktor kenyamanan thermis ruang dalam rumah tinggal; (2) merekayasa produk komposit skin hambat panas dan serap bising dari bahan sabut kelapa (SK) – UPRs, dan desain rumah tinggal nyaman thermis atas dasar konsep bioclimatic; (3) Menghasilkan sandwich green-composite berpenguat sabut kelapa dengan core sekam padi – kertas HVS bekas, dan desain dan model rumah tinggal bioclimatic dengan kenyamanan pencahayaan dan penghawaan optimal. Bahan penelitian utama meliputi sekam padi, kertas HVS bekas, dan sabut kelapa. Penelitian tahun 2012 difokuskan pada: (1) optimasi rekayasa panel komposit core hambat panas dan serap bising dari bahan SP – K – PVAc, pengujiannya meliputi uji hambat panas, serap bising, dan fisis-mekanis; dan (2) penelitian pendahuluan untuk mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan rumah tinggal. Tahun 2013, kegiatan penelitian di fokuskan pada: (1) optimasi komposit skin dari bahan SK – UPRs, pengujian meliputi uji fisis-mekanis, hambat panas, dan serap bising; dan (2) optimasi desain dan model rumah tinggal dengan konsep bioclimatic, pengujian yang digunakan adalah uji terowongan angin (wind tunnel). Tahun 2014, penelitian difokuskan pada: (1) optimasi struktur sandwich green-composite, pengujian meliputi uji fisis-mekanis, uji sifat hambat panas, uji sifat serap bising, uji bending dinamis, dan uji anechoic chamber; dan (2) optimasi desain dan model rumah tinggal bioclimatic dengan menggunakan partisi sandwich green-composite, sehingga mendapatkan kenyamanan dan penghawaan yang optimal, pengujiannya menggunakan uji terowongan angin (wind tunnel). Hasil penelitian pada tahun 2012 adalah prototipe produk panel core serapan bising yang bersifat hambat panas, faktor yang mempengaruhi kenyamanan rumah tinggal, seminar lokal dan nasional, jurnal nasional dan draft paten. Hasil penelitian tentang bahan ramah lingkungan menunjukkan bahwa panel serapan bising bersifat recycle, reuse dan reduce dibandingkan dengan bahan merek paten yang ada saat ini. Tahun 2013 adalah prototype produk skin, desain dan model rumah tinggal dengan konsep bioclimatic, seminar lokal dan nasional, jurnal lokal dan nasional terakreditasi. Tahun 2014 adalah prototipe partisi sandwich green-composite, model rumah tinggal bioclimatic menggunakan partisi sandwich green-composite, seminar nasional serta konsep paten produk.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 02:32
    Last Modified: 03 May 2014 02:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14318

    Actions (login required)

    View Item