APLIKASI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR ZAT ADIIKTIF DAN PSIKOTROPIKA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Khoiriyah, Siti (2009) APLIKASI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR ZAT ADIIKTIF DAN PSIKOTROPIKA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 207-215.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    Di tengah keprihatinan penulis terhadap bahaya zat adiktif dan psikohopika di kalangan generasi nruda (siswa), penulis rnencoba untuk berperan aktif melalui upaya peningkatan pemahaman siswa terhadap zat adiktif dan psikoh'opika. Hasil penelitian di SMP Muhammadiyah i Sur-akarta terhadap hasil ulangan di kelas VIII D, dari 38 siswa hanya 23,70 atau 9 siswa yang mencapai batas nilai ketuntasarq yaitu 60. Sedangkan 76,3%o ataa 29 siswa belum tuntas pada kompetensi dasar mendesla'ipsikan sifaVpengaruh zat adiktif dan psikoh'opika dalam sains. Melalui penefilian tindakan kelas (PTK) dengan pernbelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL), lebih menekankan pada pemberdayaan siswa sehingga hasil belajar bukan sebatas pengenalan nilai, akan tetapi penghayatan dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan nyata. Salah satu metode pernbelajaran CTL yang dapat diberikarr pada siswa adalah metode problem based instnrction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belaj ar zatadiktif dan psikoh'opika dengan aplikasi penrbelajaran model problern based instruction, pada siswa kelas VIII SMP Muharnmadiyah l Surakarta. Jeriis penelitian tindakan kelas yang akan mJngungkap kompetensi dasal mendeslripsikan sifat dan menghindarkan diri dari pengarvh zat adiktif dan psikotr-opika. Penganrbilan data menggunakan teknik observasi, wawancarq pustaka, dokurrrentasi dan tes hasil belajar. Prosedru penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaaq tindakan, observasi, refleksi dam evaluasi. Hasil penelitian memurjukkan, melalui metode problem based instruction, terbukti qreningkatkan hasil belajar zat adtktif dan psikotropika dalam mata pelajaran sains dengan hasil pada gvaluasi tiap siklus selalu meningkat. Dari ulangan awal ke evaluasi ritt"t III mengalami peningkatan 94,70h yaitu dari 38 siswa, 36 siswa trurtas, sedangkan 2 siswa ata:u 5,ZYo belurn *.tr.upui ketuntasan konpetensi dasar zat_adiktif dan psikoh'opika $lam bidang kesehatan dalammata pilajara' Sains. Tanggapan siswa terhadap penrbelajaran problern based instruction g5,ZoA tu.ttyutakin melarik, mudah dipahami, melupakan pembelajaran aktif, menyenangkan dan inovatif. Untuk itu disarankan kepada para guru sains kiranya dapat mengadopsi model peilbelajaran problem based instruction siswa dalam melaksanakan penrbelajaran materi sains lain yang memiliki karakteristik seperti materi zat adiktif dan psikoh-opika * Guru Sains SMP Muhanlladiyah I SKA Kata Kturci : pt'oblertt based ittstrttctiott;hasil belajar ; zat adiktif dan psikon'opika.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 03 May 2014 02:29
    Last Modified: 03 May 2014 02:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14306

    Actions (login required)

    View Item