MEMBANGUN DATABASE KOLEKSI MENGGUNAKAN SOFTWARE SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPRUS) DI PUSAT PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA

PRATIWI, ANITYAS FIQIH (2013) MEMBANGUN DATABASE KOLEKSI MENGGUNAKAN SOFTWARE SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPRUS) DI PUSAT PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2210Kb) | Preview

    Abstract

    Anityas Fiqih Pratiwi, D1810006, 2013. MEMBANGUN DATABASE KOLEKSI MENGGUNAKAN SOFTWARE SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPRUS) DI PUSAT PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Untuk mendapatkan sebuah informasi yang ada di sebuah perpustakaan diperlukan data-data. Data-data yang ada tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menjadi informasi yang diperlukan oleh pemustaka. Dan saat ini, untuk dapat menghasilkan sebuah database perpustakaan diperlukan sebuah software khusus. Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dalam hal ini menggunakan software Sistem Informasi Perpustakaan (SIPRUS) dalam pembangunan database koleksi. Sehingga pemustaka akan puas dan tidak terjadi kesalahan dalam memilih bahan pustaka yang dibutuhkan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan database koleksi menggunakan software Sistem Informasi Peroustakaan (SIPRUS) di Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode wawancara,metode observasi,studi dokumen,serta menggunakan metode studi pustaka. Dari hasil penulisan Tugas Akhir dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses peng-input-an data deskripsi bibliografi koleksi pada software SIPRUS secara umum memerlukan beberapa langkah, yaitu dengan memetakan data deskripsi bibliografi ke dalam work sheet lalu menjalankan software SIPRUS. 2) Memasukkan data deskripsi bibliografi ke dalam metadata pada software SIPRUS sesuai aturan yang telah ditetapkan. 3) Untuk menampilkan deskripsi bibliografi pada OPAC SIPRUS melalui alamat jaringan lokal http://172.16.1.251/perpustakaan. 4) Dalam proses pembuatan database koleksi menggunakan software SIPRUS di Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Surakarta, masih mengalami hambatan-hambatan seperti koneksi jaringan yang lambat, kendala teknis pada listrik, keterbatasan SDM, dan tingkat keakuirasian data yang masih lemah. Adapun saran yang di sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Surkarta, diantaranya adalah: 1) Untuk lebih mengembangkan software SIPRUS terutama pada menu input terbitan berseri dan memnambahkan menu petunjuk penggunaan OPAC. 2) Lebih teliti dalam proses input data deskripsi bibliografi ke dalam software SIPRUS. 3) Menambah jumlah tenaga tambahan dan sebaiknya tenaga yang direkrut merupakan tenaga yang berlatar belakang ilmu perpustakaan. 4) Memperbaiki kestabilan jaringan agar koneksi jaringan lancar dan tidak mengganggu kegiatan input data deskripsi bibliografi. 5) Menyediakan listrik cadangan dengan menyediakan generator (genset) untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik, agar tidak mengganggu aktivitas di perpustakaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:11
    Last Modified: 03 May 2014 18:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14301

    Actions (login required)

    View Item