PENERAPAN METODE "ACTIVE LEARNING" UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MAHASISWA PRODI P. BIOLOGI FKIP UNS

, Rusnaini (2009) PENERAPAN METODE "ACTIVE LEARNING" UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MAHASISWA PRODI P. BIOLOGI FKIP UNS. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). p. 192.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (457Kb) | Preview

    Abstract

    pelelitian i1i berhrjuan untuk mengetahui apakah pembelajaran pendidikan kewarganegaraal dengan metode active le'aining dapat meningkatkan minat mahasiswa semester II prodi P. Biologi FKIP UNS tahun ajaran 200812069. Hasil penelitian nrembuktikan bahwa pada pada siklus I prosentase rata-rata ailai kognitifnya 73, 45o/o dan pada siklus II meningkat menjadi 84, 6jyo, sedangkan nilai afektif yaitu perhatian mahasiswa pada saat penrbelajaran yang diperoleh dari hasil pengisian angket perhatian mahasiswa pada siklus i yaitu 6; iz% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83, 80%. Terjadinya peningkatan ini dipengaruhi oleh penerapan metode active learning. Penggunaan metode ini membuat irrahasis*a lebih tinggi tingkat pengetahuan dan perrahaman terhadap materipembelajaran ataumateri kuliah karena mahaiiswa oi*uiitt^tr untuk mencari materi dari berbagai sumber belajar, melakukan diskusi partisipatif da1 juga dituntut unh:k rnemberikan penilaian, penerimaan, dan penanggapan terhadap pendapat mahasiswa lain. proses pembelajaran dengan menerapkan metode active learning pada siklus I dan siklus II juga nrengalami peningiatan. Hil ini dapat dilihat pada prosentase rata-rata kelas tiap siklus yaitu s"6agai bJrikut: liasil pengisian angket afektif minat belajar mahasiswa siklus I 65,50yo dan siklus II 85,30Vo, rurtuk tes evaluasi siklus I 17 ,20yo dan siklus lI86,15oA'

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 02 May 2014 23:58
    Last Modified: 02 May 2014 23:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14298

    Actions (login required)

    View Item