MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PBMBELAJARAN BBRJANGKA BERWAWASAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIPURNO TAHUN 2009.

RIYADI, SLAMET (2009) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PBMBELAJARAN BBRJANGKA BERWAWASAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIPURNO TAHUN 2009. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 178-191.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (10Mb) | Preview

    Abstract

    Seiring dengan pesatnya perkenrbangan ilnru pengetahuan dan teknologi telah terjadi pergeseran shukttu program dan pendekatan pembelajaran dari bentuk konvensional ke bentuk yang .adatif, keatif, inovatif,efektif, rnenyenangkan dan bermakna. Untuk mencapai sasaran tersebut pembelajaran IPA khususnya biologi tidak mungkin hanya dipandang sebagai sosok pengetahuan verbal abshak sehingga siswa hanya diarahkan sebagai kolektor temuan ahli biologi. Unhrk itu pengalaman empiris sebagai subyek belajar sangat diperlukan sehingga penraharnan siswa harus mereka bangun sendiri dengan situasi dan shategi yang didesain oleh guru sebagai fasilitator. Runrusan rnasalah dalarnpenelitian tindakan kelas ini adalah : apakah pendekatan pembelajaran berjangka berwawasan SE'[S (,Science Environment Tehnologt and Society) dapat meningkatkan prestasi belajar biologi kelas IX A SMP Negeri 2 Jatipurno Tahun 2009 ? Tujuaa penelitiaan tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan prestasil belajar biotogi kelas IX A SMF Negeri 2 Jatipurno Tahun 2009, (2). menyajikan proses pembelajaran yang adaptif, inovati{ laeatifl efektit menyenangkan dan berrnalana, (3) melaksanakan pendidikan kecakapan hidup (life skill education) dan pendidikan berbasis masyarakat. Cara pemecahan masalah yang di tawarkan dalam proses pembelajaran ini adalah : (1) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berjangka berwawasan SETS, (2) Sedangkan langkahlangkah kegiatan dalam pelaksanaan PTK ini direncanakan empat siklus meliputi : (a). perencanaan tindakan, (b). pelaksarraan tindakan, (c). observasi, (d). refleksi. Dari seluruh rangkaian kegiatan menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran berjangka berwawasan SETS dapat : (1) rneningkatkan prestasi belajar biologi kelai X A SMP Wegeri z Jatipurno Tahun 2009, (2) rnenyajikan proses pembelajaran yang dinamis, kreatif, inovati{, efekti{, memyenangkan dan bermakna, (3) rnelaksanakan pendidikan kecapan hidup (life skill education) datt pendidikan berbasis masyarakat. Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Berjangka berwawasan SETS.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 02 May 2014 23:35
    Last Modified: 02 May 2014 23:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14296

    Actions (login required)

    View Item