MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Suranto, Joko Dwi (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). p. 177.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (379Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jatiroto dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas VII A Tahun Pelajaran 2008/2009 yang jumlahnya 40 siswa terdiri dari 20 siswa laki - laki dan 20 siswa perempuan. Desain penelitian dengan telrnik analisis antar kasus (crossite analysis) dengan model analisis interaktif antar siklus. Kondisi awal yang ada pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jatiroto Tahur Pelajaran 2008/2009 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kondisi awal Penelitian didapatkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi pengelolaan lingkungan hanya 20 siswa dali 40 siswa yang mencapai tingkat penglrasaan materi di atas KKM (50%), sedangkan 20 siswa (50%) hasil belajarnya pada materi pengelolaan lingkungan di bawah KKM , berarti nrateri pelajaran hanya dapat terserap siswa 50%, sedangkan 50% siswa belum tuntas maka guru perlu mengadakan perbaikan rnodel perrbelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan supervisor dan hasil evaluasi belajar pad.b pembelajaran Ilmu Pengetalruan Alam siklus pertama dengan pellerapan model pembelajaran Problem Based Learaing (PBL) dalam kelompok besar ada 40 siswa (100%) dari 40 siswa prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam di atas atau sama dengan KKM Ilmu Pengetahuan Alam yaitu 70 dengan rata - rata kelas l7 ,l5. Jika dibandingkan dengan kondisi awal tingkat penguasaan materi pelajaran ada peningkatan 50 % (kondisi awal 5O % siswa tuntas, siklus I 100 % siswa tuntas). Sedangkan pada siklus II dengan penerapan model pernbelajaran PBL dalam kelompok kecil, liasil yang yang didapatkan sudah banyak kemajuan yang didapat dari proses perbaikan pembelajaran, hal ini dapat diketahui dari peningkatan jurrlah siswa yang tuntas adalah 40 siswa dari 40 siswa (100 o/o turtas ). Hal ini sebagai pertanda bahwa siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Jatiroto purya minat belajar yang tinggi dan dengan penggunaan model pembelajalan sangat tepat dengan materi yang diajarkan, punya keberanian mengungkapkan gagasarurya seczra realistis serta penguasaan terhadap materi pembelajaran pengelolaan lingkungan menjadi lebih baik. Dibandingkan dengan sikhs I, nntuk siklus II dad siklus I untuk kemajuan penguasaan matei'i adalah IOO % dengan rata - rata kelas 77 ,7 5 ( Siklus I 1,00 % materi dapat terserap 1 00 o/o , pada siklus II menjadi IOO oA dengan rata -rata kelas 95,5 ). Berdasarkan hasil penelitian yang diungkap dengan alat pengur4lul data berupa tes, observasi, dan dokumentasi dapat dikemukakan kesinqrulan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetaluan Alam Kelas VII A SMP Negeri 2 Jatiroto Taltur Pelajaran 2OO8l2O0g. Kata I(unci: Hasil Belajar, Problem Based Learning

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 02 May 2014 23:24
    Last Modified: 02 May 2014 23:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14295

    Actions (login required)

    View Item