Peningkatan kualitas pembelajaran dalam bidang Ekologi di Perguruan Tinggi melalui penerapan Praktikum Mandiri

, Sugiyarto (2009) Peningkatan kualitas pembelajaran dalam bidang Ekologi di Perguruan Tinggi melalui penerapan Praktikum Mandiri. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). p. 175.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (623Kb) | Preview

    Abstract

    Kejenuhan dalam rutinitas ploses belajar-mengajar, rendalurya aktivitas-ftreativitas serta ketidakpahaman mahasiswa tentang aplikasi materi perkuliahan dalampemecahan masalah merupakan bagian pernxxalahan besar dalam sistem pernbelajaran Biologi di Perguruan Tinggi. Sebagai akibatnya nrahasiswa cenderung pasif dalam proses belajar-mengajar dan mengikuti pola formalistik dalam penyelesaian shrdinya. Model pembelajaran acative learning yang diterapkan melalui pendekatan problem.-based learnitqg salah saturya dengan inhoduksi penerapan praktikum mandiri terbukti memberikan surnbangan berarti dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok, diberikan topik praktikum berdasarkan masalah aktual yang ada dan secara terbimbing kelonrpok praktikan tersebut dilatih untuk merencanakan, melaksanakan, rnenganalisa data dan melaporkan hasilnya secara tertulis malrpun secara lisan. Berdasarkan hasil bvaluasi selama tiga tahun terakhir penerapan praktikum mandiri dalam bidang Ekologi di Jurusan Biologi FMIPA UNS Sulrikarta didapatkan nilai positif antara lain: (1) mahasiswa memahami aplikasi materi yang dikaji dalam pemecahan masalah melalui pengalaman penelitian, (2) nralrasiswa telbimbing dalam proses perencallaan, pelaksanaan, analisa data dan pelaporan kegiatan praktiktun sehingga terpacu urtuk segela menyusun proposal tugas al*rir maupun proposal penelitian hibah korrpetitif, rnisalnya PKM, PKM dll., (3) terbangunnya motivasi dan etos juang mahasiswa dalam studi literahu terkait topik praktikumnya secara mandiri serta (4) adanya stimulasi terhadap (enranrpuan kerjasama dalarn team-work. Akan tetapi masih ada berbagai kendala penerapan .praktikurn mandiri telsebut, Nrtara lain: (1) keterbatasan waktu, (2) inshumen penilaian dan (3) tingginya intensitas pernbimbingan. Kata kurci: Active leaning, pt'oblenrbased-learning,praktikummandiri, pembel ajaranBkologi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 02 May 2014 23:19
    Last Modified: 02 May 2014 23:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14294

    Actions (login required)

    View Item