KINERJA KANTOR JAMINAN MUTU (KJM) DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI PROGRAM STUDI S-1 DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Pratiwi, Afriana Nur (2013) KINERJA KANTOR JAMINAN MUTU (KJM) DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI PROGRAM STUDI S-1 DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (721Kb) | Preview

    Abstract

    Afriana Nur Pratiwi, D1109002. Performance of Quality Assurance Office (QAO) in the Accreditation Assistance of Undergraduate Program Universitas Sebelas Maret. Thesis, Surakarta: Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Sebelas Maret Surakarta, February 2013 Indonesia Education, Vocational Guidance and Training Regulation No. 19/2005 concerning The National Standard of Education, Quality Assurance Office has role in conducting the system and both of internal and external quality of university in order to achieve accreditation with its prescribed standards. Nevertheless, assistance efforts of QAO upon study program toward expected standard still face several obstacles. This study aims to determine the performance of Quality Assurance Office concerning with the accreditation program in mentoring undergraduate program of Universitas Sebelas Maret Surakarta and to figure out the constraints inhibiting the performance of Quality Assurance Office in accreditation mentoring effort. This study is a descriptive qualitative research deriving sources from informants, activities or events, and documents related to QAO accreditation mentoring. The sampling method was purposive sampling which selected informants who know and can be trusted to be the source as well as snowball sampling. Data collection techniques were interviews, observations, and documentation. Data validity test was data triangulation technique and the methods of data analysis techniques, as well as, interactive analysis techniques. The results showed that the accreditation assistance by Quality Assurance Office on each Faculty of Universitas Sebelas Maret Undergraduate Program have fulfilled the expectation of Document Accreditation Team. Performance validity through productivity involving facilitation roles; service quality measurement involving mediation roles; responsivity aspect measurement concerning networking service roles and partnership supports; and accreditation accountability, are synchronization of service assistance as the outcome of Assessors Team to be submitted to Accreditation Team. Different viewpoints, substance and mobility of each individual is an obstacle in making up a solid team performance. Keyword : Performance, Quality Assurance, Accreditation Afriana Nur Pratiwi, D1109002. Kinerja Kantor Jaminan Mutu (KJM) dalam Pendampingan Akreditasi Program Studi S-1 di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2013 Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Kantor Jaminan Mutu berperan menjalankan sistem dan mutu internal dan eksternal Perguruan Tinggi agar mencapai akreditasi sesuai dengan standar yang ditentukan. Namun demikian upaya pendampingan KJM terhadap program studi untuk mencapai standar yang ditentukan masih menghadapi beberapa kendala. Oleh karenanya penelitian ini dibuat untuk mengkaji kinerja Kantor Jaminan Mutu dalam pendampingan akreditasi program studi sarjana di Universitas Sebelas Maret Surakarta serta mengetahui kendala apa saja yang menjadi penghambat kinerja Kantor Jaminan Mutu dalam pendampingan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan sumber data dari informan, aktivitas dan dokumen yang berkaitan dengan pendampingan akreditasi KJM. Metode penarikan sampel yang digunakan bersifat purposive sampling yaitu memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dengan teknik triangulasi data dan analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan akreditasi yang diberikan Kantor Jaminan Mutu kepada program studi sarjana di masing-masing fakultas di Universitas Sebelas Maret sudah sesuai dengan harapan Tim Penyusun dokumen akreditasi. Pengukuran kinerja melalui aspek produktivitas yang didalamnya menyangkut peran fasilitasi, pengukuran aspek kualitas layanan yang menyangkut peran mediasi, pengukuran aspek responsivitas yang menyangkut peran jaringan layanan serta dukungan relasi dan akuntabilitas mengenai akreditasi, merupakan sinkronisasi hasil pelayanan asistensi yang diberikan Tim Asesor kepada para Tim Penyusun dokumen akreditasi. Perbedaan sudut pandang, substansi dan mobilitas kerja masing-masing personil masih menjadi kendala dalam menciptakan kinerja tim yang solid. Kata kunci : Kinerja, Jaminan Mutu, Akreditasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 02 May 2014 23:01
    Last Modified: 02 May 2014 23:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14291

    Actions (login required)

    View Item