PROFIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA PRODUKTIF, KUALITAS PRODUK, DAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 KOMPETENSI KEAHLIAN KIMIA INDUSTRI SMKN 2 SUKOHARJO TAHUN 2012 / 2013

SUTIKNO, ANDRI (2013) PROFIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA PRODUKTIF, KUALITAS PRODUK, DAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 KOMPETENSI KEAHLIAN KIMIA INDUSTRI SMKN 2 SUKOHARJO TAHUN 2012 / 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (258Kb) | Preview

    Abstract

    Andri Sutikno, PROFIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA PRODUKTIF, KUALITAS PRODUK, DAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 KOMPETENSI KEAHLIAN KIMIA INDUSTRI SMK N 2 SUKOHARJO TAHUN 2012 / 2013, Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil pembelajaran kimia produktif kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri semester 1 SMK N 2 Sukoharjo ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar, (2) kualitas produk yang dihasilkan dari pembelajaran kimia produktif kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri semester 1 SMK N 2 Sukoharjo, (3) minat berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri semester I SMK N 2 Sukoharjo setelah mendapatkan pembelajaran kimia produktif. Penelitian ini menggunakan bentuk deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Sampel yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengampilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil data atau informasi yang berhubungan dengan masalah penelitian melalui informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip, sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pengamatan/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan trianggulasi metode dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan tiga jalur analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) profil pembelajaran kimia produktif kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri semester 1 SMK N 2 Sukoharjo menunjukkan proses pembelajaran kimia produktif telah berjalan dengan baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi, (2) siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri SMK N 2 Sukoharjo sudah mampu memproduksi produk-produk yang berkualitas baik dan mampu bersaing dengan produk sejenis yang telah beredar di masyarakat, (3) siswa di kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri semester 1 SMK N 2 Sukohario mempunyai minat wirausaha yang besar, dibuktikan dengan 0% siswa mempunyai minat rendah dan sedang, 15,38% siswa mempunyai minat yang tinggi dan 84,62% siswa memiliki minat berwirausaha yang sangat tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:11
    Last Modified: 03 May 2014 18:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14270

    Actions (login required)

    View Item