PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN OUTING CLASS “AYO MAKAN JAJANAN PASAR” UNTUK ANAK SD MARSUDIRINI SURAKARTA

KARA, AGUSTINUS RITRIO PURWA BAGAS (2013) PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN OUTING CLASS “AYO MAKAN JAJANAN PASAR” UNTUK ANAK SD MARSUDIRINI SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (262Kb) | Preview

    Abstract

    Agustinus Ritrio Purwa Bagas Kara, 2013. Jajanan pasar adalah salah satu bagian dari kebudayaan yang telah diwariskan dari nenek moyang kita dan merupakan kekayaan budaya Indonesia yang patut diperkenalkan dan dilestarikan di kalangan masyarakat Indonesia terutama untuk anak–anak sekolah dasar yang akan menjadi penerus kita. Kegiatan Outing Class “Ayo Makan Jajanan Pasar” dengan media komunikasi visual ini disusun untuk mengenalkan jajanan pasar . Data yang didapat melalui wawancara dan pengamatan di SD Marsudirini Surakarta. Belajar keluar atau sering disebut dengan outing class ini adalah salah satu kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di luar kelas, dalam rangka untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Kegiatan belajar keluar atau outing class ini sudah banyak dilakukan oleh sekolah–sekolah diantaranya adalah SD Marsudirini Surakarta, bahkan kegiatan ini dijadikan sebagai agenda program sekolah yang diadakan setiap tahun. Kegiatan outing class ini banyak didominasi dengan permainan. Permainan anak yang digunakan adalah puzzle, menyusun kata, menjodohkan nama makanan dengan makanan, dan memindahkan barang satu ke tempat yang lain. Di mana permainan ini nanti digunakan untuk menambah antusias anak dalam membuka wawasan tentang jajanan pasar. Sehubungan dengan diadakannya kegiatan outing class “Ayo Makan Jajanan Pasar”, maka dibuatlah presentasi slide untuk mengenalkan beberapa macam jajanan pasar. Adapun media pendukung yang meliputi : x-banner, backdrop, flag chain, signed makanan, serta beberapa permainan. Dilengkapi juga dengan merchandise : stiker, kaos, jam dinding, jadwal pelajaran, gantungan kunci, tempat makan, tempat minum dan kartu. Serta dengan diadakannya kegiatan outing class ini anak-anak SD Marsudirini Surakarta diharapkan dapat membuat anak-anak SD tertarik untuk mengkonsumsi jajanan pasar ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:14
    Last Modified: 03 May 2014 18:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14260

    Actions (login required)

    View Item