PENGEMBANGAN SISTEM INVESTASI JARINGAN INTRA PENYEDIA IPTEK (Bidang Fokus : Energi Baru dan Terbarukan dan Teknologi Material maju)

Rahayu, Muji (2011) PENGEMBANGAN SISTEM INVESTASI JARINGAN INTRA PENYEDIA IPTEK (Bidang Fokus : Energi Baru dan Terbarukan dan Teknologi Material maju). JKB, V (08). pp. 31-39.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (228Kb) | Preview

    Abstract

    Krisis energi yang telah melanda dunia menyebabkan meningkatnya penelitian mengenai sumber energy alternative yang bersifat renewable. Akan tetapi hasil penelitian yang ada kurang tersosialisasi disebabkan kurangnya jaringan iptek yang memadai. Kegiatan ini dilakukan dengan melalui tahapan berupa kajian teoritis, kajian empiris (penyusunan kuesioner, penentuan subyek kajian, survey, in-depth interview) dan analisis data. Kajian ini dilakukan di beberapa wilayah Indonesia yaitu Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Hasil analisis kajian menunjukkan bahwa pola interaksi dan pola hubungan antar peneliti dalam lembaga litbang sudah ada, baik formal maupun informal. Begitu pula hubungan interaksi peneliti antar lembaga litbang dan antara lembaga litbang dengan lembaga litbang lain. Kegiatannya dapat berupa seminar, diskusi, pengabdian, pengujian, pendampingan dan sebagainya atau melalui interaksi informal berupa diskusi melalui telepon atau internet. Pengembangan jaringan penyedia iptek ini memiliki faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorongnya berupa fasilitas/sarana prasarana penelitian, tenaga ahli dan sokongan dana disamping adanya dukungan secara psikologis oleh lembaga seperti rasa aman dan nyaman. Adapaun factor penghambatnya dapat berupa keterbatasan dana, kurangnya fasilitas dan SDM yang mumpuni serta adanya birokrasi yang dianggap terlalu panjang. Untuk meningkatkan pengembangan jaringan antar penyedia iptek ini diharapkan adanya upaya untuk mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi, antara lain melalui pembuatan kebijakan/peraturan yang jelas, modernisasi peralatan dan laboratorium, pembentukan forum komunikasi formal, peningkatan penyebarluasan hasil penelitian dan penyelenggaraan FGD secara rutin.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Q Science > Q Science (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Anis Fagustina
    Date Deposited: 02 May 2014 16:15
    Last Modified: 02 May 2014 16:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14256

    Actions (login required)

    View Item