EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MODIFIKASI MEDIA KOMIK PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI KECENDERUNGAN DOMINASI OTAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Abdillah, Akbar (2013) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MODIFIKASI MEDIA KOMIK PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI KECENDERUNGAN DOMINASI OTAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (783Kb) | Preview

    Abstract

    ASBTRAK Komik adalah cerita dengan gambar, dimana percakapan dari tiap karakter disajikan dalam balon dialog. Komik dapat dinikmati oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa, tergantung jenisnya. Belakangan ini, komik digunakan dalam berbagai macam keperluan, termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat, (2) Mengetahui apakah ada pengaruh dominasi otak siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat, (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara metode mengajar dan dominasi otak siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok nahasan pertidaksamaan kuadrat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasieksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMAN 5 Surakarta, terdiri dari 10 kelas dengan total siswa 300 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas X-4 dan X-8. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode dokumentasi untuk mengetahui nilai UTS siswa (2) teknik kuesioner untuk mengetahui dominasi otak siswa (3) metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variasi dua jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama adalah uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji-F. Dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) model pembelajaran langsung dengan modifikasi media pembelajaran komik matematika member prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional untuk materi pertidaksamaan kuadrat ( dengan taraf signifikansi 5%). (2) siswa dengan dominasi otak kiri mempunyai prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa dengan dominasi otak kanan ( dengan taraf signifikansi 5%). (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran matematika dan dominasi otak siswa pada materi pertidaksamaan kuadrat ( dengan taraf signifikansi 5%). Apapun dominasi otak siswa, prestasi belajar siswa yang dikenai dengan model pembelajaran langsung dengan media komik lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi siswa yang dikenai dengan model pembelajaran konvensional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:18
    Last Modified: 03 May 2014 17:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14245

    Actions (login required)

    View Item