PROFIL TINGKAT BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BARISAN BILANGAN REAL TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Ehsannudin, Evan (2013) PROFIL TINGKAT BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BARISAN BILANGAN REAL TAHUN AKADEMIK 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (645Kb)

    Abstract

    Evan Ehsannudin: A PROFILE OF CREATIVE THINKING LEVEL OF STUDENTS OF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNS IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEM OF SEQUENCE IN 2012/2013 ACADEMIC YEAR. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University. The objective of this study is to describe how the creative thinking level of students of program studi Pendidikan Matematika FKIP UNS in solving mathematics problem of sequence. This research is a qualitative research in which the subjects are the students of program studi Pendidikan Matematika FKIP UNS in 2012/2013 academic year. The technique of collecting data use an observation, tests, and interview method. A test used in this research is an essay test about sequence. The test is given to the entire students in semester of six class B. Then, the result of the test is used to determine the research subject. The subjects are selected by using purposive sampling. The data validation is done through triangulation method by comparing the obtained data from test and interview method. The data is analyzed through data reduction, data presentation and drawing conclusion. The level of creative thinking used in this research is the creative thinking level based on Gotoh theory. It consists of three levels, i.e. creative thinking level 1 (informal), creative thinking level 2 (formal), and creative thinking level 3 (creative). Based on the result of analysis, it can be concluded that (1) There are students having creative thinking level 1 and 2 (2) The characteristics of each creative thinking level indicated to the students are (a) The characteristic of creative thinking level 1 were with the existing indicators: capable of writing the known and asked things as well as capable of solving the problem with trials, (b) The characteristic of creative thinking level 2 were capable of writing the known and asked things, capable of writing a concept used in the material sequence of real numbers which limit the definition of sequence as well as used it to solving the problem with the mathematic procedure taught, (3) no subject was capable of achieving creative thinking level 3, (4)The creative thinking level achieved by the subject with low capability was creative thinking level (informal), while the creative thinking level achieved by the subject with medium and high capability was same as the creative thinking level 2 (formal). Evan Ehsannudin : PROFIL TINGKAT BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BARISAN BILANGAN REAL. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat berpikir kreatif mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNS Surakarta dalam menyelesaikan masalah matematika materi barisan bilangan real. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNS semester 6 tahun akademik 2012/2013. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian tentang materi barisan bilangan real. Tes diberikan kepada seluruh mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNS semester 6 kelas B, setelah itu baru dilakukan pemelihan subjek berdasarkan hasil tes yang diberikan. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data yang didapatkan dari metode tes dan metode wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini tingkat berpikir kreatif yang dipakai adalah tingkat berpikir kreatif menurut Gotoh. Tingkat berpikir kreatif menurut Gotoh terdiri dari tiga tingkatan yaitu tingkat berpikir kreatif 1 (informal), tingkat berpikir kreatif 2 (formal), tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif). Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa (1) Ditemukan mahasiswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif 1 dan 2 (2) Karakteristik dari masing-masing tingkat berpikir kreatif adalah (a) Karakteristik tingkat berpikir kreatif 1 sesuai dengan indikator yang ada yaitu mampu menuliskan hal yang diketahui dan yang ditanyakan serta mampu menyelesaikan soal dengan cara coba-coba (b) Karakteristik tingkat berpikir kreatif 2 yaitu mampu menuliskan hal yang diketahui dan yang ditanyakan, Menuliskan konsep barisan bilangan real yang akan dipakai untuk mengerjakan soal serta mampu menyelesaikan masalah dengan prosedur matematika yang sudah diajarkan (3) Tidak ada satupun subjek yang mampu mencapai tingkat berpikir kreatif 3 (4) Tingkat berpikir kreatif yang dicapai subjek berkemampuan rendah adalah tingkat berpikir kreatif 1(informal) sedangkan tingkat berpikir kreatif yang dicapai oleh subjek berkemampuan sedang dan tinggi sama yaitu tingkat berpikir kreatif 2 (formal).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 01 May 2014 18:38
    Last Modified: 01 May 2014 18:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14232

    Actions (login required)

    View Item