PENGARUH KREATIVITAS DAN PROFESIONALISME TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU IPS SEJARAH SMP DI KABUPATEN SUKOHARJO

Hariyani, Sri (2013) PENGARUH KREATIVITAS DAN PROFESIONALISME TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU IPS SEJARAH SMP DI KABUPATEN SUKOHARJO. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (387Kb) | Preview

    Abstract

    Sri Hariyani, S. 860809030. Pengaruh Kreativitas dan Profesionalisme Terhadap Kegiatan Pembelajaran Pada Guru IPS Sejarah Di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011/2012. Pembimbing I. Prof. Dr. Herman J. Waluyo. Pembimbing II : Drs. Leo Agung S.,M.Pd. Tesis, Surakarta : Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret, 2013. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara tingkat kreativitas guru terhadap kegiatan pembelajaran IPS Sejarah, 2) untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh profesionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran IPS Sejarah, dan 3) untuk mengetahui adanya interaksi antara kreativitas dan profesionalisme guru dalam mempengaruhi kegiatan pembelajaran IPS Sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada guru IPS Sejarah SMP di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2011/2012. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunkan semua populasi yang ada. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Variansi dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) tidak ada pengaruh yang signifikan tingkat kreativitas terhadap kegiatan pembelajaran pada Guru IPS Sejarah di Kabupaten Sukoharjo ; 2) ada pengaruh yang signifikan tingkat profesionalisme guru terhadap kegiatan pembelajaran pada guru IPS Sejarah di Kabupaten Sukoharjo tahun 2011/2012; 3) tidak ada pengaruh yang signifikan interkasi tingkat kreativitas dan profesionalisme guru terhadap kegiatan pembelajaran guru IPS Sejarah di Kabupaten Sukoharjo tahun 2011/2012. Implikasi penelitian ini dengan dimilikinya tingkat kreativitas dan profesionalisme dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran pada guru IPS Sejarah. Dengan demikian prestasi belajaran IPS Sejarah dapat ditingkatkan melalui peningkatan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan guru. Kata kunci: Kreativitas, Profesionalisme, kegiatan pembelajaran IPS Sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:15
    Last Modified: 03 May 2014 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14230

    Actions (login required)

    View Item