PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KRIMINALITAS TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DI RUKUN WARGA II DESA GAUM KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR

WIJAYANTI, WAHYU ASRI (2013) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KRIMINALITAS TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DI RUKUN WARGA II DESA GAUM KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (848Kb) | Preview

    Abstract

    Wahyu Asri Wijayanti. PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KRIMINALITAS TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DI RUKUN WARGA II DESA GAUM KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi masyarakat tentang kriminalitas terhadap karakter peduli sosial di Rukun Warga II Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh masyarakat yang bertempat tinggal di Rukun Warga II Desa Gaum yang berjumlah 223 Kepala Keluarga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 57 Kepala Keluarga. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Uji persyaratan yang digunakan adalah uji normalitas, uji independen, uji linearitas, dan uji keberartian. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara persepsi masyarakat tentang kriminalitas terhadap karakter peduli sosial di Rukun Warga II Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Hal tersebut dapat dilihat dari persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 0,7513X + 17,789. Adapun Sumbangan Efektif (SE%) pengaruh variabel X terhadap Y yaitu sebesar 49,39%, artinya bahwa 49,39% karakter peduli sosial di Rukun Warga II Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar dipengaruhi oleh persepsi masyarakat tentang kriminalitas. Sedangkan 50,61% nya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat pengaruh persepsi masyarakat tentang kriminalitas terhadap karakter peduli sosial di Rukun Warga II Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:17
    Last Modified: 03 May 2014 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14225

    Actions (login required)

    View Item