FUNGSI PUBLIC RELATIONS PERUSAHAAN MEDIA DALAM PROGRAM OFF AIR DI SOLO RADIO FM

Widianita, Dinar (2013) FUNGSI PUBLIC RELATIONS PERUSAHAAN MEDIA DALAM PROGRAM OFF AIR DI SOLO RADIO FM. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (677Kb) | Preview

    Abstract

    DINAR WIDIANITA. D1210023. TH E FUNCTIO N OF PUBLIC RELATIO NS OF A MEDIA CORPORATE IN AN OFF AIR PROGRAM OF SOLO RADIO FM. COMMUNICATIO N SCIENCES DEPARTMENT. FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES SEBELAS MARET UNIVERSITY OF SURAK ARTA. 2013. Public Relations takes an essential role and function of a company, especially in creating a good communication line both internally and externally. Solo Radio FM is a media corporate which deals with the broadcasting services and has special segmentation of listeners, that is the youth. Due to that reason, Solo Radio FM realizes the need to build the corporate image or to maintain the listeners for the development of the corporate. To improve the corporate image, Solo Radio FM designs a program, including the criteria of the announcer, which are always dynamic as the youth style and holds Off Air activities for the youth, and the Public Relations of Solo Radio is always involved in. This research observes how the functions of a Public Relations are carried out by the Public Relations of Solo Radio FM in conducting the Off Air program in order to know the functions of Public Relations that are implemented, and how the Off Air program is conducted to develop a media corporate image. The research was conducted in Solo Radio FM, at Jl. Menteri Supeno No. 6 Manahan, Solo. To discover the theory of the functions of Public Relations, the researcher employs the theory of I Gusti Ngurah Putra on his book entitled Manajemen Hubungan Masyarakat, regarding the essential function of Public Relations in an organization. For the Image Building theory, the researcher employs the theory of M. Wayne Delozier in his book The Communication Process. This research is a descriptive qualitative which applies Interaction Analysis Model as the data analysis technique. Purposive sampling technique was employed to determine the informant. The results showed that the Public Relations of Solo Radio FM implemented some of the functions in building the media corporate image, that are Relationship, Informatting, Speaking, Special Event, Writing and Editing, Research and Evaluation. However, there are some functions that are not conducted maximally, such as Programming and Production functions, since there is a special division deals with both On Air and Off Air program. For the Production function has been completed by the management since the corporate was established. In terms of media corporate image, Solo Radio FM has successfully positioned itself as a young segmented radio. Keywords: Function of Public Relations Media Corporate, Off Air Program, Radio DINAR WIDIANITA. D1210023. FUNGSI PUBLIC RELATIO NS PERUSAH AAN MEDIA DALAM PRO GRAM OFF AIR DI SOLO RADIO FM. JURUSAN ILMU KOMUNIKASI. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAK ARTA. 2013. Public Relations mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, khususnya dalam mewujudkan jalinan komunikasi yang baik secara internal maupun eksternal. Solo Radio FM merupakan sebuah perusahaan media yang bergerak di bidang jasa penyiaran dan memiliki segmentasi khusus terhadap pendengarnya yaitu anak muda. Karena adanya hal tersebut, Solo Radio FM menyadari akan perlunya upaya untuk membangun citra perusahaan atau mempertahankan pendengarnya demi kelangsungan hidup perusahaan. Langkah- langkah yang diambil oleh Solo Radio FM dalam hal membangun citranya adalah dengan menciptakan program acara termasuk kriteria penyiarnya yang selalu dinamis sesuai selera anak muda dan mengadakan kegiatan–kegiatan Off Air yang ditujukan untuk anak muda. Dalam aktivitas ini, Public Relations Solo Radio FM selalu terlibat di dalamnya. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan masalah mengenai bagaimana fungsi Public Relations yang dijalankan oleh Public Relations Solo Radio FM dalam kegiatan Off Air sehingga dapat diketahui fungsi–fungsi Public Relations apa sajakah yang dijalankan dan bagaimana kegiatan Off Air yang dilakukan dalam rangka membangun citra perusahaan media. Adapun lokasi penelitian di Solo Radio FM yang beralamatkan di Jl. Menteri Supeno No.6 Manahan, Solo. Teori yang digunakan untuk mengetahui fungsi – fungsi Public Relations adalah teori yang terdapat dalam buku Manajemen Hubungan Masyarakat yang ditulis oleh I Gusti Ngurah Putra mengenai fungsi – fungsi penting Public Relations dalam sebuah organisasi. Selain itu penulis juga menggunakan teori Image Building dalam buku The Communication Process yang ditulis oleh M. Wayne Delozier mengenai proses pembentukan citra. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskripsi Kualitatif dengan menggunakan Model Analisis Interaksi sebagai teknik analisis datanya. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Public Relations Solo Radio FM menjalankan beberapa fungsinya dalam aktivitas membangun citra media. Fungsi – fungsi tersebut adalah: Relationship, Informatting, Speaking, Special Event, Writting and editing, Research and Evaluation. Ada beberapa fungsi yang tidak dijalankan secara maksimal, yaitu fungsi Programming dan Production. Hal tersebut dikarenakan adanya divisi khusus yang menangani pemrograman baik On air maupun Off air sehingga terciptanya keterbatasan wewenang oleh Public Relations Solo Radio FM. Sementara untuk fungsi Production sudah dilaksanakan oleh manajemen sejak perusahaan berdiri. Dari segi citra perusahaan media, Solo Radio FM sudah berhasil memposisikan dirinya sebagai radio yang bersegmen anak muda. Kata kunci: Fungsi Public Relation Perusahaan Media, Program Off Air, Radio

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 01 May 2014 18:21
    Last Modified: 01 May 2014 18:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14224

    Actions (login required)

    View Item