MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUNTAnG TAHUN AJARAN 2OO8/2OO9

Istiyarto, Dudy and probosari, Riezky Maya (2009) MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUNTAnG TAHUN AJARAN 2OO8/2OO9. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 171-174.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2770Kb) | Preview

    Abstract

    Tgjuan penelitian ini adalah ulhrk mengetahui penerapan macromedia flash dalarn pembelajaran biologi rurhrk meningkatkan penguasaan konsep siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (C/assroom Action Research) kolaboratif yang dilaksanakan dalam2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan yang berupa penylrsunan langkahJangkah pembelajaran dengan penggunaan jurnal belajar dengan *oiro*"dio flash, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri lTuntang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, kajian dokumen, catatan lapangan dan tes evaluasi kognitif. Teknik analisis data menggunakan. analisis deslc'iptif kualitatif. Validasi data menggunakan teknik Triangulasi metode yaitu angket, lembar observasi, dan tes yang digunakan untuk -t gut* penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan macromedia flash padapembelajaran biologi bisa meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat dilihat dari peningkat4n^penguaiaan konsef. Pada akhir siklus II semua siswa berhasil melewati batas tuntas minimal. Kata kurci: macrornedia flash, penguasaan konsep, biologi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 18:12
    Last Modified: 01 May 2014 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14223

    Actions (login required)

    View Item