PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP 2 BANYUBIRU

Rakhmandasari, Arina (2009) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP 2 BANYUBIRU. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi. pp. 166-170.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3394Kb) | Preview

    Abstract

    Pernbelajaran seni tari dapat menjadi kegiatan belajar lreatif dalam mengkonsh'uksi gerakgerak tari menjadi sebuah tarian ciptaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran seni tali belbasis lingkrmgan dalam rneningkatkan kreativitas dan motivasi belajar nrandiri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (C/assroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Banyubiru Tahun Ajaran 2008/2009 sebanyak 40 sisrva. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi, penyebaran angket, catatan lapangan dan unjuk kerja. Data dianalisis secara deskliptif kualitatif. Indikatol gerak tali la'eatif yaihr kelancararL keluwesan (fl eksibilitas), elabolasi dan orisinalitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran seni tari belbasis lingkungan bisa meningkatkan kreativitas siswa dari 51% menjadi 75oA, dzt"L meningkatkan motivasi belajar seni siswa dari 52,10 menjadi 83,9oA pada akhil siklus 3. Belajar menari secara kreatif memberikan wadah rurtuk rnenunrbuhkenrbangkan minat dan bakat kreatif siswa khususnya dalam bidang seni tari. Kata kturci : seni btdaya, Icreativitas, motivasi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 18:04
    Last Modified: 01 May 2014 18:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14217

    Actions (login required)

    View Item