PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADUKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII D SMP N 1 JATEN KARANGANYAR

RACHMAH, FITRIYANA (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADUKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII D SMP N 1 JATEN KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (402Kb) | Preview

    Abstract

    Fitriyana Rachmah. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADUKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII D SMP N 1 JATEN KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi ditinjau dari aspek iklim kelas, sikap siswa, kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Jaten tahun pelajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dipadukan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan pengamat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil siklus pertama menjelaskan bahwa untuk data observasi rata-rata indikator iklim kelas sebesar 70,20%, sikap siswa 62,77%, kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran 80% dan motivasi belajar siswa 68,18%. Untuk angket, rata-rata indikator iklim kelas sebesar 74,53%, sikap siswa 74,13%, dan motivasi belajar 74,38%. Hasil siklus II menjelaskan bahwa untuk data observasi rata-rata indikator iklim kelas 80,81%, sikap siswa 80,09%, kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran 96,67% dan motivasi belajar siswa 83,71%. Untuk angket, rata-rata indikator iklim kelas sebesar 83,87%, sikap siswa 82,49%, dan motivasi belajar 79,43%. Selain dari lembar observasi dan angket juga dilakukan wawancara untuk mengetahui hasil tindakan yang dilakukan terhadap kualitas pembelajaran siswa. Hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa sikap siswa lebih positif, siswa lebih termotivasi, dan iklim kelas menjadi lebih kondusif saat kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dipadukan media audio visual mampu meningkatkan kualitas pembelajaran biologi ditinjau dari aspek iklim kelas, sikap siswa, kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Jaten tahun pelajaran 2011/2012.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:17
    Last Modified: 03 May 2014 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14213

    Actions (login required)

    View Item