IMPLEMENTASI HASIL PENELITIAN BIOLOGI PADA SIKLUS PERTUMBUHAN JAMUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI FUNGI SMA KELAS X

, Nurmiyati (2009) IMPLEMENTASI HASIL PENELITIAN BIOLOGI PADA SIKLUS PERTUMBUHAN JAMUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI FUNGI SMA KELAS X. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 142-149.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (7Mb) | Preview

    Abstract

    pelelitian ird adalah parelitian elsperirnen yarig lrasilnya diinplemartasikan pada pernbelajaran biologi di SMA kelas X penelitian ini bertujuan iurhrk mengetahur danpak peirranfaatan hasil porelitian sebagi surber belajar dalam hal perbedaan prestasi belajar biologi siswa pada PBM dengan tarnbahan sumber LJ"iI".dari hasil penelitian dalambenhrk modul dan LKS dengal PBM tanpa tambahan sunrber belajar dari hasil panelitian , Hasil penelitial biologi pada siklus patumbuhan janrur dinr4llementasikan pada pernbelajalan biologi SMA kelas X dangan pokok bahasan fi.mgi dengan metode penelitian ekspaimen semu Pcpulasi dalam penelitian i1i adalah selulh siswa kelas X SMA Negai 1 Simo Boyolali Tahur Pelajaran 2ou/2008. Sanpel sebanyaktiga kelas yalg tadiri dari kelas konhol kelas elspaiman dan kelas validasi. Pengarrrbilan sarrpel dilakukan f,.rrgun it oi", randarn sanpling sebanyak tiga kelas. Teknik pargrrrpulan data dengan dolcrulentasi, airgket dan tes. Uji liipotesis dangan uji t dan uji keseinrbangan kenrarrpuan awal dengan uji F berpasangan Hasil pelelitian dapat disir4lulkan: Penranfaatan lrasil penelitian biologi pada siHus patr-rnbuhan jalru Tir-am sebagai tanrbalran suriber b"lajar dalarn bsnhrk LKS dan modul pada rrateri fungi SMA kelas X inenrberikan danpak per-bedaan plestasi belajar biologi siswa dangan rata-rata nilai kognitif kelorr4lok ekperimen 10.01i% l.bih tuit dibandingkan dengan kelonpok konhol. Rata-rata nilai afektif kelorr4lok .k p.r*r.n 6.59% lebih baik bila dibandingkan dengan kelorpok kontrol. Rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen 8. t37 % lebih baik bila dibandingkan dengan kelonpok kontrol. Kata kunci: hasil penelitian biologi, sumber belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 17:55
    Last Modified: 01 May 2014 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14211

    Actions (login required)

    View Item