OPTIMALISASI KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN LOG PEMBELAJARAN (LP) PADA MATA KULIAH EMBRIOLOGI DAN REPRODUKSI TUMBUHAN

Probosari, Riezky Maya (2009) OPTIMALISASI KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENGGUNAAN LOG PEMBELAJARAN (LP) PADA MATA KULIAH EMBRIOLOGI DAN REPRODUKSI TUMBUHAN. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 134-141.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) penggunaan log pembelajaran dalam meningkatkan pattisipasi aktif mahasiswa dalam pernbelajaran, 2) penggunaan log pembelajaran terhadap pengllasaan konsep, 3) darr4:ak penggunaan log pembelajaran terhadap performa mengajar dosen mata kuliah Embriologi dan Reproduksi Tumbuhan. Penelitian ini rnerupakan penelitian tindakan kelas (C/cssroont Action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi identifikasi permasalahan yaatg ada di kelas, perencanaan tindakan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan tindakan berupa log pembelajaran, obsewasi dan evaluasi, serta refleksi rurtuk tindakan berikufnya. Subyek penelitian adalah nralrasiswa semester 4 di Prodi P. Biologi UNS tahwr ajaran 2007 /2008. Data diperoleh melalui observasi, wawallcara, penyebaran angket dan tes. Analisis data secara deslaiptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan," secara umum didapatkan bahwa prosentase nralrasiswa yang lulus sebesar 98,t8o dengan prosentase nilai A dan B sebesar 72,73 percen Penelitian dinyatakan selesai pada akhir siklus 2 karena indikator kinerja yang diharapkan yaitu jumlah mahasiswa yang lulus nrinimal sebesar 80% dengan prosentase mahasiswa yang memperoleh nilai diatas B sebesar 70010, meningkatnya keaktifan dan motivasi belajar mahasiswa serta meningkahrya performansi mengajar dosen di mata mahasiswa sudah tercapai. Kesirrpulan yang bisa diambil adalah: 1) Log pembelajaran bisa meningkatkan keaktifan dan motivasi belajal mahasiswa pada mata kuliah Embriologi dan Reproduksi Tumbuhan. 2) Penguasaan koruep mata kuliah Ernbriologi dan Reploduksi Trunbuhan bisa ditingkatkan dengan adanya log pembelajaran, terbukti dengan meningkatnya prosentase mahasiswa yang mendapat nilai A dan B, 3) Penggunaan log penrbelajaran bisa rneningkatkan performa mengajar dosen mata kdliah Bmbriologi dan Reploduksi Trurrbuhan di mata mahasiswa. Ifutn lrunci : Log pembelajaran, pengu&sflan konsep, embriologi reproduksi tumbuhnn

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 17:52
    Last Modified: 01 May 2014 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14209

    Actions (login required)

    View Item