PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION (PMID) TIPE CLASSWIDE PEER GWPD DAN TEKNIK EVALUASI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERT 22 SURAKARTA . TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Budiati, Herni (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION (PMID) TIPE CLASSWIDE PEER GWPD DAN TEKNIK EVALUASI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERT 22 SURAKARTA . TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 123-133.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (9Mb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk rneningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran biologi kor-rsep Organisasi Kehidupan dengan menerapkan Peer Mediated Insfiuction and Interventton (PMn) tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPD dan teknik evaluasi Index Card Match Penelitian ini rnerupakan penelitian ttndakan kelas dengan desain penelitian yang dilaksanakan dalam tiga siklus berdasar*an altu proses dari Kernnris dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 22 Suakarta, pada sernester genap tahun pelajaran 2008/2009. Subyek penelitian adalah sislva kelas VII F yang terdiri dari 38 siswa. Teknik pengunpulan data dilakukan melalui kajian dokumen, observasi, penyebalan angket, catatan lapangary wawancara dan hasil tes kognitif. Data dianalisis secara dekriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi selama berlangsungnya Proses pembelajaran rnenggunakan model pernbelajaran PMII Tipe CWPT menunjukkan perubahan afektif yang nyata pada siswa. Hal ini berdasarkan atas hasil observasi selama berlangsungnya proses pembelajaran, catatan lapangan selama penelitian diperkuat dengan respoll siswa berdasarkan penyebaran angket. Secara afektif, kualitas proses pembelajarap mengalami peningkatan prosentase pada tiap-fiap siklus, yaita 52.63 Yo pada siklus I, 78.95Vo, pada siklus II, dan 89.41% pada siklus III. Aspek afektif dalarnpenggunaan teknik evaluasi Index Card Match baru menarr4lakkan hasil yang positif pada saat dilaksanakan secara berkelompok pada siklus III. rcO o siswa telah turut terlibat secara aktif dan rnenrahami sepenuhnya pelaksanaan teknik evaluasi hdex Card Match. Hasil tes kognitif rnenggunakan teknik evaluasi hdex Card Matchjuga baru menarpakkan hasil yang nyata pada siklus IIL Dari 4 kelonrpok yang dibentuk dalam satu kelas, 3 kelonlpok siswa mampu nrenyelesaikan dengan tuntas seluuh soal yang tersedia atau 75o/o siswa felah tuntas. Selanjutnya, ketika dilaksanakan evaluasi akhir pada konsep Organisasi kehidupan ini, siswa yang mendap at nilai di atas Kliteria Ketu.ntasan Minimal mencapai 28 siswa atau73,68 oh daitotal siswa di kelas VII F. Kata Kurrci: classwide peer tutoring, hasil penrbelajaran biologi, Irtdex card match.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 17:48
    Last Modified: 01 May 2014 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14206

    Actions (login required)

    View Item