Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Akibat Pembelajaran Clnsswirle Peer Tutoring (CWPT) dengan Pembelajaran Multimodel pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Sugiharto, Bowo (2009) Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Akibat Pembelajaran Clnsswirle Peer Tutoring (CWPT) dengan Pembelajaran Multimodel pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 110-122.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (10Mb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif biologi akibat penerapan penrbelajaran ClassWide Peer Tutoring dengan penrbelajaran multirnodel pada siswa kelas X SMA LaboratoriurnUniversitas Negeli Malang Tahun Pelajaran 2OOl/2008. Sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai, metode penelitian yang dilunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian dirancang dengan desain pretes dan postes dengan kelorrpok tidak diacak. Sanpel dipililr dua kelas yang ada dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa rurtuk kelonpok konh-ol dan 31 siswa turtuk kelon4lok eksperimen dari total populasi kelas X sebanyak enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 186 orang. Analisis statistik yang digunakan adalah analis kovarian (anakova) dengan melakukan konhol telhadap nilai pretes masing variabel terikat. Analisis anakova rnenafaatkan aplikasi SPSS 16,0 for Windows Hasil uji statistik dengan anakova pada variabel terikat hasil belajar kognitif dengan melakukan kontrol terhadap nilai pretes menunjukkan bahwa nilai F hitung untuk shategi pernbelajarzur adalah 5,7 64 dengan taraf signifikansi 0,020. Oleh karena taraf signifikansi 0,020 < 0,05 uraka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alteinatif (H1) diterinra. Jika Ho ditolak dan Hr diterima maka lripotesis penelitian ini diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar kognitif biologi akibat penrbelajaran CWPT dan hasil belajar kognitif biologi akibat pembelajaran multimodel pada siswa kelas X SMA Labolatoriurn Universitas Negeri Malang talun pelajaran2007/2008. Kata Kunci: Clnsstt'irle Peer Tutoring, hasil belajar kognitif

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 17:43
    Last Modified: 01 May 2014 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14204

    Actions (login required)

    View Item