PENERAPAN BIOTEKNOLOGI CENDAWAN MIKORRHIZA ARBUSKULA (CMA) UNTUK PENGEMBANGAN MATERI AJAR SAINS DALAM PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING)

S, Chaliinah and Mihajoeno, E (2009) PENERAPAN BIOTEKNOLOGI CENDAWAN MIKORRHIZA ARBUSKULA (CMA) UNTUK PENGEMBANGAN MATERI AJAR SAINS DALAM PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING). Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 100-109. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb) | Preview

    Abstract

    Salah satu peribelajaran sains yang sesuai dengan pembelajaran aktif dengan melakukan praktikunr Silberman (2006) rnenyatakan bahwa pembelajaran aktif (active learning) adalah penrbelajaran yang mengajak siswa untuk melaksanakan kegiatan yang menggunakan koordinasi antara otak kanan dan otak kiri untuk mempelajarai masalah, memecahkan masalah dan menerangkan apa yang telah dipelajari. Pembelajaran aktif adalah fase pembelajaran cepat, menyenangkan, rupottif dan melibatkan kemanpuan individu dan kelorrpok. Praktikum adalah suatu bentuk pembelajaran melalui kegiatan praktek, baik dilakukan dalam laboratorium maupun dalam lingkunga atau disebut praktikum lapangan, yang diyakini sebagai sh'ategi pembelajaran yang aktif, kreatif serta menyenangkan peserta didik. Melalui praktikum dalam bentuk eksperimen, marrpu menanamkan konsep-konsep nuteri yang akan diajarkan. Tujuan yang akan dicapai 1) Mengembangkan model penrbelajaran eksperinren dalam materi ajar Sairx tentang peranan Bioteknologi CMA (Cendawan Mikonhiza Arbuskula), 2) memberikan altematif variasi materi ajar Sains lebih relevan dan berdayaguna,3) memasyarakatkan Bioteknologi CMA melalui pendidikan untuk peningkatan kualitas sttmberdaya alam hayati nuupun non hayati, sebagai teknologi tepatguna, arnaq mura\ efisien dan efektif. Mgtode yang digunakan adalah iksploratif materi ajar, yatrg aiior*r dalammodel eksperirnen, urtuk rnendukung proses penrbelajarn aktif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwi model pernbelajaran eksperimen rnerupakan salah satu shategi pembelajaran dalam kerangka kerja pengajaran. Pengembangan nrateri ajar sangat penting unhrk mendukung proses pembelajiran aktif, -daJam bentuk eksperimen, karena peserta didik melakukan aktifitas yang siternatii dengan cara kerja kelonlrok' Pendidikan sebagai salah satu strategi untuk mengeiralkan, mensosialisasikarinioteknologi CMA yang efektif, dan efisien. Kesirrpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajarn aktif melalui model eksperirnen dapat rnengaktifkan aspek psikomotoik, afektif dan koqnitif. KeyWot'rl. Biotehtologi cendawan mikorrhiza arbuslaila, m:c$eri ajar sains, pembelajaran aktif

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 01 May 2014 17:38
    Last Modified: 01 May 2014 17:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14200

    Actions (login required)

    View Item