DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI PKL AKIBAT PENGELOLAAN DI KOTA SURAKARTA (Ditinjau pada Lokasi PKL yang Dikelola pada Tahun 2006-2008)

BRIANA K, ANITA (2013) DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI PKL AKIBAT PENGELOLAAN DI KOTA SURAKARTA (Ditinjau pada Lokasi PKL yang Dikelola pada Tahun 2006-2008). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (516Kb) | Preview

    Abstract

    Usaha pengelolaan PKL oleh Pemerintah Kota Surakarta yang dimulai pada tahun 2006 bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan PKL. Tetapi belum diketahui secara pasti apakah pengelolaan PKL di Kota Surakarta telah mampu meningkatkan kesejahteraan PKL dilihat dari segi sosial dan ekonomi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak sosial dan ekonomi PKL setelah dilakukan pengelolaan di Kota Surakarta pada masing-masing lokasi yang dikelola pada tahun 2006-2008. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif korelasi sedangkan data diperoleh dengan teknik survey. Analisis korelasi dilakukan terhadap variabel bebas pola pengelolaan PKL (lokasional dan struktural) serta variabel terikat yang terdiri dari kondisi interaksi sosial dan kondisi ekonomi PKL. Karakteristik lokasi sebagai variabel moderator tidak dimasukan ke dalam analisis korelasi tetapi dideskripsikan pada masing-masing lokasi untuk menjelaskan pengaruhnya terhadap kondisi sosial dan ekonomi PKL. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengelolaan lokasional dan struktural yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta dengan kondisi sosial dan ekonomi PKL setelah pengelolaan. Diketahui bahwa PKL Shelter Loji Wetan dan Pasar Klithikan cenderung mengalami peningkatan kondisi sosial dan ekonomi setelah dilakukan pengelolaan, sedangkan PKL pada Shelter Solo Square cenderung mengalami peningkatan kondisi sosial setelah pengelolaan. Tetapi PKL pada lokasi Shelter Taman Makam Pahlawan, Shelter Manahan dan Shelter Dr. Wahidin cenderung tidak mengalami perubahan kondisi sosial dan ekonomi setelah pengelolaan. Kondisi sosial dan ekonomi PKL tersebut dipengaruhi oleh jumlah pembeli yang mampu ditarik oleh PKL setelah dilakukan pengelolaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan karakteristik lokasi berdagang PKL, terutama pada aksesibilitas dan keberadaan aktivitas lain di sekitar lokasi berdagang, memiliki pengaruh terhadap kemampuan PKL dalam menarik pembeli. Sehingga Pemerintah Kota Sebaiknya dalam usaha pengelolaan PKL selain memperhatikan pengelolaan yang digunakan pada suatu kelompok PKL juga memperhatikan faktor lokasi pengelolaan agar kesejahteraan PKL dapat meningkat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:18
    Last Modified: 03 May 2014 18:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14197

    Actions (login required)

    View Item