UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MERODA MELALUI PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BULAKREJO 02 KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Supriyanto, Rohmad (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MERODA MELALUI PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BULAKREJO 02 KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (699Kb) | Preview

    Abstract

    Rohmad Supriyanto, MERODA IMPROVING LEARNING OUTCOMES THROUGH THE IMPLEMENTATION OF A LEARNING TOOL IN CLASS 5 BULAKREJO ELEMENTARY SCHOOL DISTRICT 02 SUKOHARJO SUKOHARJO SCHOOL YEAR 2012/2013.Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Science Education Univercity of March Surakarta, September 2013 The purpose of this research is to improve student learning outcomes meroda at Grade 5 Elementary School District 02 Bulakrejo Sukoharjo Sukoharjo school year 2012/2013. The research is a classroom action recearch ( PTK ).Ecperiment was counducted two cycles with each cycle consisting of : planing, action, observasion , and reflection . Subyak research is the Grade 5 Elementary School District 02 Bulakrejo Sukoharjo Sukoharjo school years 2012/2013 amounted to 25 students. Comprises two data sources: (1) primary data, namely,learning outcomes and learning processes meroda grade 5 Elementary School District 02 Bulakrejo Sukoharjo Sukoharjo school year 2012/2013 amounted to 25 students, (2) Secondary data, Such as lesson plans, syllabus, and the observation of the process of learning activities meroda. Validity of the data using the data Triangulasi. Analisis techniques using descriptive techniques by techniques percentage to see trends in learning activities. The results indicate that, the application of learning tools to improve learning outcomes meroda in Grade 5 Elementary School District02 Bulakrejo Sukoharjo Sukoharjo school year 2012/2013.Through the application of learning tools can be fun,students have the right concept meroda movement.From the application of learning tools can make the students actively involved in learning activities meroda, thus achieving optimal learning outcomes meroda more. The conclutions of this study are as follows: the application of a learning tool to improve learning outcomes meroda grade 5 Elementary School District 02 Bulakrejo Sukoharjo Sukoharjo school year 2012/2013. Achievement of learning outcomes meroda completeness of the initial conditions to cycle 1 meeting 1 by 20%,cycle 1 meeting 2 by 32%. From cycle 1meeting 2 to cycle 2 meeting 1 by 16%. Increased mastery of learning outcomes meroda overall from baseline cycle 2 was 68%. Keywords: Application of Learning Tools, Learning Outcomes Meroda. ABSTRAK Rohmad Supriyanto. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MERODA MELALUI PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BULAKREJO 02 KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Surakarta, Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar meroda siswa kelas 5 SD Negeri Bulakrejo 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Bulakrejo 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 siswa. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran meroda siswa kelas 5 SD Negeri Bulakrejo 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 siswa, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan meroda dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar meroda pada siswa kelas 5 SD Negeri Bulakrejo 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Melalui penerapan alat bantu pembelajaran dapat menyenangkan siswa, siswa memiliki konsep gerakan meroda yang benar. Dari penerapan alat bantu pembelajaran menjadikan siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memperbesar pencapaian hasil belajar meroda lebih optimal. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar meroda siswa kelas 5 SD Negeri Bulakrejo 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar meroda dari kondisi awal ke siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 20.00%, siklus 1 pertemuan ke 2 sebesar 32.00%. Dari siklus 1 pertemuan ke 2 ke siklus 2 pertemuan ke 1 sebesar 16.00%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar 68.00%. Kata kunci: Penerapan Alat Bantu Pembelajaran, Hasil Belajar Meroda

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 01 May 2014 17:37
    Last Modified: 01 May 2014 17:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14196

    Actions (login required)

    View Item