ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 – 2010)

IRAWAN, ADHI (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 – 2010). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (449Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tindakan perataan laba pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Praktek perataan laba digunakan manajemen untuk mengurangi variabilitas aliran laporan jumlah laba yang berhubungan dengan suatu target yang dimanipulasi secara buatan (akuntansi) dan alami (transaksi). Faktor-faktor yang diuji adalah rasio debt to equity, rasio return on asset, leverage operasi dan net profit margin. Indeks Eckel digunakan untuk menentukan praktek perataan laba. Objek dari perataan laba pada penelitian ini adalah nilai laba bersih perusahaan. Penelitian ini menggunakan 52 perusahaan manufaktur dan 55 perusahaan non manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan periode waktu 2008-2010. Hipotesis diuji dengan regresi logistik binary. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia masih melakukan praktek perataan laba. Regresi logistik binary menunjukkan bahwa rasio debt to equity, rasio return on asset, leverage operasi dan net profit margin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perataan laba. Tapi rasio return on asset pada perusahaan manufaktur berpengaruh secara signifikan terhadap perataan laba.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:19
    Last Modified: 03 May 2014 18:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14195

    Actions (login required)

    View Item