DAMPAK LINGKUNGAN FISIK PADA KOMITMEN KARYAWAN PERAN MEDIASI KESEJAHTERAAN KARYAWAN (Studi pada karyawan PT Telkom Surakarta)

Nugroho, Qurbani Eko (2013) DAMPAK LINGKUNGAN FISIK PADA KOMITMEN KARYAWAN PERAN MEDIASI KESEJAHTERAAN KARYAWAN (Studi pada karyawan PT Telkom Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (600Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam era teknologi globalisasi saat ini dimana kompetisi antar perusahan semakin tinggi, diperlukan dukungan karyawan yang memiliki kinerja yang baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Hal ini perlu didukung oleh lingkungan kerja dimana keadaan sekitar tempat kerja, baik secara fisik maupun non fisik dapat memberikan kesan yang menyenangkan dan memberi rasa tentram dan nyaman terhadap karyawan. Sedangkan komitmen karyawan adalah keadaan dimana karyawan tersebut memiliki keinginan untuk mengerahkan kemampuan dan keahlian demi kemajuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh lingkungan fisik yang ada di PT.TELKOM Surakarta pada komitmen karyawan. Dalam penelitian ini juga diuji pula pengaruh lingkungan fisik pada komitmen karyawan dengan peran mediasi kesejahteraan karyawan. Target populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan kantor PT TELKOM Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik metode probability sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi parsial. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana dan regresi berganda yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa lingkungan fisik berpengaruh positif pada kesejahteraan karyawan. Dalam penelitian ini juga ditemukan pengaruh positif lingkungan fisik pada komitmen karyawan dengan kesejahteraan karyawan sebagai variabel mediasi. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah PT.TELKOM Surakarta, diharapkan mampu meningkatkan kualitas lingkungan fisik tempat kerja karyawan supaya karyawan merasa sejahtera sehingga komitmen karyawan perusahaan tersebut dapat meningkat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:22
    Last Modified: 03 May 2014 18:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14187

    Actions (login required)

    View Item