(B. Pertanian) IbM Untuk Usaha Mikro Rumah Potong Ayam (RPA) dan Kelompok Pedagang Daging Ayam di Pasar Tradisional Kabupaten Sukoharjo

Rahayu, Endang Tri and Emawati , Shanti and Swastike, Winny (2012) (B. Pertanian) IbM Untuk Usaha Mikro Rumah Potong Ayam (RPA) dan Kelompok Pedagang Daging Ayam di Pasar Tradisional Kabupaten Sukoharjo. .

[img] Microsoft Word (Rumah potong ayam (RPA), daging ayam, redesain, , ASUH) - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Tujuan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini adalah untuk memperbaiki manajemen penyediaan daging ayam yang ASUH (aman, sehat, utuh dan halal) melalui perbaikan tataletak (redesain) ruang dan proses pemotongan ayam di RPA, memperbaiki teknologi dalam proses produksi, serta memperbaiki pengetahuan manajerial dalam pengelolaan usahanya. Metode yang digunakan adalah melakukan metode instruksional dan dialog melalui kegiatan program focus group discussion, metode pelatihan dan percontohan dengan renovasi dan redesain pada RPA. Khalayak sasaran atau mitra dalam kegiatan ini adalah RPA “Sugih Waras” di desa Duwet, Kecamatan Baki dan Kelompok Pedagang Daging Ayam di Pasar Kartosuro, Kecamatan Kartosuro Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan IbM berlangsung selama 8 bulan yaitu pada bulan Mei-Desember 2012. Hasil kegiatan yaitu telah melakukan renovasi dan redesain RPA dan kios penjualan daging ayam sehingga daging ayam yang dihasilkan cukup higinitas, menambah mesin pencabut bulu dan melengkapi pisau perecahan karkas baik di RPA maupun pada para pedagang daging ayam, ditingkatkan penyembelihan ayam menjadi 500 ekor dalam satu hari dari sebelumnya hanya 400 ekor per hari, peningkatan pengetahuan dalam pengelolaan usaha dalam hal pembukuan dan pemasaran. Kesimpulan dari kegiatan ini telah terjadi penataan ulang RPA dan kios daging ayam sehingga dapat menyediakan daging ayam yang ASUH yang aman dikonsumsi oleh konsumen.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 01 May 2014 16:40
    Last Modified: 01 May 2014 16:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14182

    Actions (login required)

    View Item