ACARA DRAMA KOREA di INDOSIAR dan PERILAKU MENIRU (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menonton Acara Drama Korea di Indosiar dan Pengaruh Peer Group terhadap Perilaku Meniru dalam Mode Korean Style di Kalangan Siswi SMA Kelas XII Regina Pacis Surakarta Angkatan 2010/2011)

PRADHANING A, MAYA (2013) ACARA DRAMA KOREA di INDOSIAR dan PERILAKU MENIRU (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menonton Acara Drama Korea di Indosiar dan Pengaruh Peer Group terhadap Perilaku Meniru dalam Mode Korean Style di Kalangan Siswi SMA Kelas XII Regina Pacis Surakarta Angkatan 2010/2011). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1746Kb) | Preview

    Abstract

    MAYA PRADHANING ADITYA, D0207123, ACARA DRAMA KOREA di INDOSIAR dan PERILAKU MENIRU (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menonton Acara Drama Korea di Indosiar dan Pengaruh Peer Group terhadap Perilaku Meniru dalam Mode Korean Style di Kalangan Siswi SMA Regina Pacis Surakarta Kelas XII Angakatan 2010/2011) Perkembangan gelombang Hallyu di Indonesia, ditandai dengan banyaknya drama Korea yang ditayangkan di beberapa stasiun televisi, yang telah mempengaruhi mode Korean style di kalangan remaja remaja putri Indonesia. Seperti stasiun televisi Indosiar yang begitu intens menayangkan drama Korea sampai dengan 3 kali sehari. Karena itu melalui penelitian ini peneliti bermaksud mencari tahu adakah hubungan yang signifikan antara aktivitas menonton acara drama Korea di Indosiar dengan perilaku meniru dalam mode Korean style serta adakah hubungan yang signifikan antara aktivitas menonton acara drama seri Korea di Indosiar, dengan perubahan perilaku meniru mode Korean style dan peer group sebagai variabel kontrol di kalangan siswi SMA Regina Pacis Surakarta kelas XII angkatan 2010/2011. Penelitian ini terkategori studi survey dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswi SMA Regina Pacis Surakarta, yakni siswi kelas XII angkatan 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling sistematis dimana penentuan sampel ditentukan secara random. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuisioner. Berdasarkan hipotesis I diketahui bahwa nilai korelasi Spearman (rs) sebesar 0,416 dengan taraf signifikansi 0,003. Nilai korelasi sebesar 0,416 menunjukkan terdapat hubungan antara aktivitas menonton drama korea dengan perilaku meniru mode Korean Style siswi kelas 12 SMA Regina Pacis Surakarta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang cukup berarti. Berdasarkan hipotesis II diketahui bahwa nilai korelasi Spearman (rs) sebesar 0,429 dengan taraf signifikansi 0,003. Nilai korelasi sebesar 0,429 menunjukkan terdapat hubungan aktivitas menonton drama Korea dengan perilaku meniru dalam mode Korean Style dengan dikontrol oleh variabel peer group pada siswi kelas 12 SMA Regina Pacis Surakarta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa termasuk dalam kategori hubungan yang sedang atau cukup berarti.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:22
    Last Modified: 03 May 2014 18:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14181

    Actions (login required)

    View Item