(B. ekonomi) IbM Kelompok Tani Buah Naga SuperRed (Hylocereus costaricensis) di Desa Krikilan Masaran Sragen Jawa Tengah

Widowati, Esti and Amanto, Bambang Sigit (2012) (B. ekonomi) IbM Kelompok Tani Buah Naga SuperRed (Hylocereus costaricensis) di Desa Krikilan Masaran Sragen Jawa Tengah. .

[img] Microsoft Word (Buah naga superRed, Introduksi, Sari buah, Selai, Sirup) - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Kegiatan IbM ini merupakan kerjasama tim IbM dengan Kelompok Tani Wana Bekti dan UKM Wana Bekti Handayani di Masaran Sragen Jawa Tengah. Permasalahan yang dihadapi mitra terutama diperlukannya teknologi pengolahan buah naga terutama superRed menjadi aneka produk olahan seperti sari buah, sirup dan selai yang berkualitas dan marketable sehingga dapat memperpanjang umur simpan, meningkatkan nilai ekonomi dan mengangkat produk olahan tersebut menjadi produk unggulan daerah selain mengatasi kerugian petani karena turunnya harga akibat overproduksi selama masa panen. Selain itu, metode pengemasan pada kemasan botol utuk produk sari buah dan sirup yang telah diproduksi masih mengalami kendala yaitu kebocoran pada produk. Oleh karena itu sebagai solusi aplikatif terhadap masalah tersebut, kegiatan ini mengintroduksikan teknologi pembuatan/produksi produk olahan buah naga superRed yaitu sari buah, sirup dan selai. Produk selai memanfaatkan kulit buah selain ampas daging buah sebagai bahan baku untuk pemanfaatan limbah produksi sari buah dan sirup yang tetap memberikan keuntungan langsung bagi mitra. Formula pembuatan selai dengan kulit buah merupakan formula yang diintroduksikan setelah melalui penelitian dan analisis. Selain itu dilaksanakan introduksi dan pelatihan teknik pengemasan menggunakan alat penutup botol ulir logam semimekanis untuk mengatasi kebocoran pada produk sari buah dan sirup dalam kemasan botol kaca dan cup sealer untuk produk sari buah dalam kemasan gelas plastik. Dampak langsung mitra adalah produk yang semakin aman dan berkualitas karena dapat mengatasi masalah kebocoran secara total pada kemasan produk dan memudahkan dalam distribusi produk. Kegiatan ini juga membantu pada pengurusan P IRT dan pembuatan leaflet untuk membantu memperluas jaringan kerjasama dan pemasaran produk olahan buah naga superRed.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 01 May 2014 16:21
    Last Modified: 01 May 2014 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14172

    Actions (login required)

    View Item