(B. Teknologi) Pembuatan Lapisan Pelindung Dasar Sungai (Armouring) Secara Alami sebagai Bahan Pembentuk Stabilitas Dasar terhadap Bahaya Degradasi dan Erosi Tebing

Ikhsan, Cahyono and Qomariyah, Siti (2012) (B. Teknologi) Pembuatan Lapisan Pelindung Dasar Sungai (Armouring) Secara Alami sebagai Bahan Pembentuk Stabilitas Dasar terhadap Bahaya Degradasi dan Erosi Tebing. .

[img] Microsoft Word (Armouring, degradasi, gradasi butir, eksperimen flume, stabilitas sungai) - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Gradasi butir sedimen yang bergerak di dasar saluran atau sungai dengan berbagai variasi ukuran material menyebabkan terjadinya proses selective erosion selama proses aliran, yang memungkinkan terjadi perubahan struktur lapisan dasarnya. Terbentuknya lapisan armour secara alamiah dapat mempertahankan bentuk konfigurasi dasar sungai tersebut, namun bagaimana proses pembentukan lapisan armour, perubahan struktur lapisan penyusunnya serta kekasaran permukaannya menjadi sesuatu yang penting pada pencapaian tujuan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Hidraulika menggunakan perangkat utama sediment-recirculating flume terbuat dari plexiglass berdimensi lebar 0,60 m, panjang 10,00 m, tinggi 0,45 m serta kemiringan dasar yang dapat diatur hingga 3%. Flume ini dilengkapi dua pompa yang berkapasitas debit sampai dengan 150 l/dt. Material yang dipakai dicampur dengan komposisi 70% gravel, 30% pasir. Running dilakukan pada debit konstan 40 l/dt (debit aliran low flow), dan setiap running terdapat 2 phase yaitu phase equilibrium, phase armour. Instrumen yang digunakan antara lain digital currentmeter, point gauge meter, sediment feeder, sediment trap, software surfer 8.0. Pengukuran elevasi permukaan dasar dilakukan dengan membuat grid pada area 1 cm x 1 cm dengan alat point gauge dan dianalisis dengan software sufer 8, diperoleh tebal lapisan armour 44 mm pada So 1,5% dan 54 mm pada So 2,0%. Sedangkan pada analisis perhitungan awal, tebal lapisan armour 35 mm pada So 1,5% dan 53 mm pada So 2,0%. Hasil penelitian tersebut dapat menggambarkan armouring pada kondisi uniform flow dan perilaku sedimen dasar bergerak, dinyatakan dengan perubahan struktur lapisan dasar dan topografi permukaan yang berpengaruh terhadap stabilitas dasar saluran.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 01 May 2014 14:37
    Last Modified: 03 May 2014 23:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14151

    Actions (login required)

    View Item