PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PECAHAN

Nugraheni, Denik and Usada, and Kamsiyati, Siti (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PECAHAN. Jurnal Mahasiswa PGSD, 2 (4).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (211Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The objectives of research are (1) to improve the mathematic learning achievement in fraction concept of the III graders of SD Negeri 1 Mento Wonogiri using fraction card, and (2) to improve the activeness in the mathematic learning achievement in fraction concept of the III graders of SD Negeri 1 Mento Wonogiri using fraction card. This research was conducted in two cycles. The subject of research was the III graders of SD Negeri 1 Mento Wonogiri containing 26 students. The data source derived from teacher and student. Techniques of collecting data used were observation, document, test and photographing. The data validation was done using data and method triangulations. The data analysis was done using statistical descriptive comparative and critical analysis techniques. The result of research showed that the use of fraction card media could improve the mathematic learning achievement in fraction concept of the III graders of SD Negeri 1 Mento Wonogiri. Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan hasil belajar matematika konsep pecahan siswa kelas III SD N 1 Mento Wonogiri dengan menggunakan media kartu pecahan, (2) untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika konsep pecahan siswa kelas III SD N 1 Mento Wonogiri dengan menggunakan media kartu pecahan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Mento Wonogiri yang berjumlah 26 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumen, tes dan perekaman foto. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika konsep pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Mento Wonogiri. Kata Kunci: Media Kartu Pecahan, Hasil Belajar, Konsep Pecahan

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 01 May 2014 06:47
    Last Modified: 01 May 2014 06:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14145

    Actions (login required)

    View Item