PENGARUH SOFTWARE MIND MAPPING INTERACTIVE TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PKN MATERI ORGANISASI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Budiyanto, Erfana and Kuswadi, and W.A., Idam Ragil (2013) PENGARUH SOFTWARE MIND MAPPING INTERACTIVE TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PKN MATERI ORGANISASI LINGKUNGAN MASYARAKAT. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (7).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (340Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract : This study aims to determine the effect of Software Mind Mapping Interactive to motivation of learning Civics material society organizations. This study used an experimental method. The study population was a fifth grade elementary school students as Cluster 1 Laweyan, Surakarta. The sampling technique used was cluster random sampling. Data sources focused on the motivation of learning gained through pre-test and post-test with questions that have been through the instrument validity, and reliabilitas. The requirements analysis using a balance test, normality test, homogeneity test. While the techniques of data analysis as hypothesis testing using the t test. The results of this study it can be concluded that there is a positive effect of the use of Software Mind Mapping Interactive to motivation of learning Civics material society organizations. Average motivation score experimental group is 153,24 and the control group is 146. Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Software Mind Mapping Interactive terhadap motivasi pembelajaran PKn materi organisasi lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus 1 Laweyan, Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sumber data difokuskan pada motivasi pembelajaran yang diperoleh melalui pre test dan post test dengan instrumen soal yang telah melalui uji validitas, dan reliabilitas.Uji prasyarat analisis menggunakan uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas. Sedangkan teknik analisis data sebagai uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan Software Mind Mapping Interactive terhadap motivasi pembelajaran PKn materi organisasi lingkungan masyarakat. Rata-rata skor motivasi kelompok eksperimen adalah 153,24 dan kelompok kontrol 146. Kata kunci : Software Mind Mapping Interactive, motivasi, PKn.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 01 May 2014 16:41
    Last Modified: 01 May 2014 16:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14117

    Actions (login required)

    View Item