PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Setyaningrum, Lies and Kamsiyati, Siti and Budiarto, Tri (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (6).

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know influence of the contextual teaching and learning model to mathematics learning outcomes for fifth grade elementary school student of Gugus III Kartini. This research implied in quantitative research with the approach quasi experimental. Design of this research uses Pretest Posttest Control Group Design. The sampling techniques was done by cluster random sampling. The data collecting technique used test method, observation and documentation. Normality test uses the Chi Kuadrat method, homogeniety test uses the Bartlett method, balance test and hypotheses method uses t- test method. The result of the t test at the significance level of 0.05, the value of tcount > ttable (2,317 > 1,992), this means H0 is rejected, and H1 is verified.The conclusion of this reearch is there is a positive and significant effect of the application of contextual teaching and learning model to mathematics learning outcomes. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus III Kartini. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimental. Desain penelitiannya menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengampilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan metode Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan uji t. Pada hasil uji dengan taraf signifikansi 0.05, nilai thitung > ttabel (2,317 > 1,992), ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar Matematika. Kata kunci: Model pembelajaran kontekstual, hasil belajar, matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Endar Kusumaningrum
Date Deposited: 01 May 2014 17:21
Last Modified: 01 May 2014 17:33
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item