IbM Pelatihan Dokter Keluarga bagi Dokter Layanan Primer dan Sosialisasi Home Health Care bagi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Wiraraja Sumenep

Suriyasa, Putu and Prasetyawati, Arsita Eka (2012) IbM Pelatihan Dokter Keluarga bagi Dokter Layanan Primer dan Sosialisasi Home Health Care bagi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Wiraraja Sumenep. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Kata kunci: prinsip pelayanan kedokteran keluarga, peningkatan kompetensi tenaga kesehatan, pelayanan kesehatan Masalah - masalah kesehatan banyak terjadi di Indonesia antara lain adalah tingginya angka pertumbuhan penduduk (1.9%), tingginya angka kematian ibu dan anak, tingginya angka kesakitan penyakit menular, dan kondisi lainnya. Banyak faktor yang menyebabkan masalah-masalah kesehatan tersebut, antara lain tingkat pendidikan rendah, tingkat penghasilan rendah dan kurang kesadaran dalam pemeliharaan kesehatan, gaya hidup dan perilaku masyarakat, lingkungan, dan sistem pelayanan kesehatan. Menghadapi Era Globalisasi mencapai Millenium Development Goals (MDGs), maka Indonesia harus mampu bersaing termasuk dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas. Tidak ada cara lain yang dilakukan kecuali meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, salah satunya adalah pelayanan dengan pendekatan pada keluarga. Dalam rangka meningkatkan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat kabupaten Sumenep maupun kepulauan Madura sekaligus untuk meningkatkan kompetensi lulusan fakultas ilmu kesehatan maupun peningkatan kualitas SDM tenaga kesehatan di layanan kesehatan primer, maka dilaksanakan kerja sama dengan Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Pascasarjana UNS untuk mengadakan Pelatihan Kedokteran Keluarga bagi para tenaga kesehatan yang memberikan layanan kesehatan primer dan sosialisasi home health care bagi mahasiswa fakultas kesehatan universitas Wiraraja Sumenep. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan, pemahamanan dan ketrampilan kompetensi tenaga kesehatan di pusat pelayanan kesehatan primer kabupaten Sumenep dan Kepulauan Madura sebagai pemberi pelayanan dengan prinsip-prinsip kedokteran keluarga, dan meningkatkan kualitas pelayanan tenaga kesehatan. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dengan komunikasi dua arah dan pelatihan. Hasil yang telah dievaluasi dengan analisis deskriptif nampak adanya perubahan yang positif pada pengetahuan mahasiswa dan tenaga kesehatan yakni ada peningkatan pengetahuan calon tenaga kesehatan dan praktisi tenaga kesehatan, yakni sebesar 84.36%

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 30 Apr 2014 18:54
    Last Modified: 30 Apr 2014 18:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14104

    Actions (login required)

    View Item