Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran IPA yang Berbasis Komputer (ICT) bagi Guru IPA SMP di Surakarta

Sunarno, Widha (2012) Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran IPA yang Berbasis Komputer (ICT) bagi Guru IPA SMP di Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Kata kunci: Pelatihan dan peningkatan kompetensi. Guru IPA, Pembelaran Sains berbasis ICT Kemajuan di bidang teknologi informasi memberikan dampak pada pembelajaran sains di sekolah. Guru sains dituntut mampu melakukan pembelajaran yang berbasis ICT. Bagi guru sains khususnya fisika perlu ditingkatkan kompetentensinya dalam pembelajaran fisika yang berbasis ICT. Pada kenyataannya para guru IPA belum semuanya memiliki kompetensi dalam kegiatan pembelajaran yang berbasis ICT, maka diperlukan pelatihan secara kontinyu. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah: 1. Meningkatkan profesionalisme guru sains untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif berbasis computer (ICT). 2. Meningkatkan kemampuan guru IPA SMP menyusun dan membuat media pembelajaran yang inovatif dan berbasis computer (ICT). 4. Meningkatkan ketrampilan guru sains SMP dalam implementasi model pembelajaran yang inovatif dan berbasis komputer (ICT) di kelas. Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa langkah: 1. Penyiapan Materi, 2. Penyajian Materi, 3. Pelatihan dan Praktek 4. Praktek peer teaching, 5. Implementasi di Kelas, 6. Observasi, Supervisi, dan Evaluasi pembelajaran di kelas. Kegiatan pelatihan dilakukan pada setiap hari Sabtu, dalam kegiatan MGMP bagi Guru-guru Sains di Solo Raya. Peer teaching dilakukan di ruangan dalam tempat yang sama dengan pelatihan. Hasil pelatihan diimplementasikan di sekolah sesuai dengan jadwal mengajarnya. Evaluasi dan praktek pembelajaran dimplementasikan di sekolah masing-masing. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa: 1. Artikel yang dimuat di Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika di FKIP, yang dilaksanakan pada hari Sabtu 15 September 2012. 2. Artikel yang dimuat di Jurnal Ilmiah ber ISSN: SAINMAT. 3. Modul Pelatihan Pembelajaran Sains berbasis Komputer (ICT). 4. Buku Pedoman Pembuatan dan Penyusunan Pembelajaran Sains menggunakan macromedia flash. 5 Soft ware Model Pembelaran Animasi Simulasi berbasis komputer. Pengabdian masyarakat ini memberikan kesimpulan bahwa pelatihan dan peningkatan kemampuan di bidang pembelajaran sais sangat dibutukan oleh para guru IPA. Dari 30 guru yang mengikuti pelatihan, hampir 90 % kompetensinya meningkat secara signifikan. Kegiatan pelatihan sebaiknya dilakukan secara kontnyu dan tidak mengganggu tugas rutin guru sehari-hari.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 30 Apr 2014 18:48
    Last Modified: 30 Apr 2014 18:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14100

    Actions (login required)

    View Item