Peningkatan kemampuan membaca permulaan Melalui model pembelajaran kooperatif Pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar ( suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 SD Negeri Senden Kecamatan Selo kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009 / 2010 )

Mulyadi , Mulyadi (2010) Peningkatan kemampuan membaca permulaan Melalui model pembelajaran kooperatif Pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar ( suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 SD Negeri Senden Kecamatan Selo kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009 / 2010 ). Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (711Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan serta meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas I SD Negeri Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan membaca. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu data hasil tes kemampuan membaca dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yaitu minimal 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 70 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan membaca. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh hasil bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,75% pada siklus II sebesar 72,5% dan pada siklus III meningkat menjadi 85%. Rerata tes kemampuan membaca permulaan siswa pada kondisi awal 59,06 tingkat ketuntasan klasikal 25%. Pada siklus I nilai rerata 67,81 tingkat ketuntasan klasikal 43,75%. Pada siklus II, nilai rerata 71,71, tingkat ketuntasan klasikal 68,75%. pada siklus III, nilai rerata 76,87 tingkat ketuntasan klasikal 87,5%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif, guru dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali semester I tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 24 Nov 2010 21:50
    Last Modified: 24 Nov 2010 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/141

    Actions (login required)

    View Item