HUBUNGAN ANTARA EKSPRESI ESTROGEN, PROGESTERON RESEPTOR dan Her-2 DENGAN PROFIL KLINIS PENDERITA KANKER PAYUDARA DI SURAKARTA

Mudigdo, Ambar (2012) HUBUNGAN ANTARA EKSPRESI ESTROGEN, PROGESTERON RESEPTOR dan Her-2 DENGAN PROFIL KLINIS PENDERITA KANKER PAYUDARA DI SURAKARTA. .

[img] Rich Text (RTF) - Published Version
Download (38Kb)

    Abstract

    Kata kunci : ekspresi ER, PR, dan Her2, Profil klinis penderita kanker payudara Latar Belakang: Berbagai petanda blologik ternyata merupakan faktor prognosis dan prediksi respon terapi pada kanker payudara. Status reseptor hormon menentukan respon terhadap terapi hormonal dan berkaitan dengan perangai biologik yang baik. Her2 menentukan respon terapi hormonal dan kemoterapi serta berkaitan dengan perangai yang agresif. Disamping itu pendekatan terapi saat ini mulai berorientasi molekular target yang lebih selektif dan lebih kecil morbiditasnya, karena obat jenis ini hanya bekerja pada sel yang mengandung molekul target. Oleh sebab itu, selain faktor prognosis konvensional, informasi mengenai adanya petanda biologik pada sel kanker payudara juga diperlukan. Tekinik Imunohostokimia menjadi teknik pilihan untuk menentukan petanda biologik tersebut karena relatif mudah, murah dan dapat diterapkan pada sediaan rutin histopatologik. Namun demikian, perlu diperhatikan sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan, dimana pengaruh faktor tersebut dimulai dari tahap pembedahan, fiksasi, pengolahan jaringan hingga penilaian hasil pulasan. Untuk dapat menangani penderita secar lebih sempurna, seyogyanya pemeriksaan ini dijadikan pemeriksaan rutin bagi setiap penderita kanker payudara. Tujuan Penelitian ini untuk mencari hubungan antara Ekspresi ER, PR dan Her2 dengan profil klinis penderita kanker payudara. Methods: Dilakukan secara observasonal-analitik, retrospektif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan sampel sebanyak 50 sampel. Sampel diambil secara acak dari kasus keganasan payudara periode 1 jabuari 2012 sampai 31 oktober 2012. Hasil penelitian: Tidak didapat hubungan yang signifikan antara ekspresi ER, PR dan Her2 dengan umur dan volume tumor, terdapat hubungan signifikan antara ekspresi Her 2 dengan adanya metastasis pada penderita kanker payudara.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > RB Pathology
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 30 Apr 2014 17:48
    Last Modified: 30 Apr 2014 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14077

    Actions (login required)

    View Item