ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS PPS UNS

Sarwanto, (2013) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS PPS UNS. , 1 (1). pp. 16-24. ISSN

[img] PDF - Published Version
Download (60Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kemampuan representasi mahasiswa Pendidikan Sains PPS UNS; b) pengaruh kemampuan representasi mahasiswa terhadap performance mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, karena perlakuan yang diberikan pada sampel dibatasi pada pemberian pembelajaran berbasis representasi tanpa mengontrol variabel lain yang memungkinkan berpengaruh terhadap variabel terikat. Populasi adalah mahasiswa Pendidikan Sains PPS UNS yang menempuh matakuliah Problematika Pendidikan Sains. Data dianalisis menggunakan uji beda rerata. Melalui penelitian ini ditemukan kelemahan guru/calon guru fisika adalah pada aspek komunikasi verbal dan representasi visual, karena pengalaman belajar sebelumnya guru fisika dalam mengajar secara monoton diawali dengan memberikan definisi, menjelaskan rumus, memberikan contoh soal, mengerjakan latihan dan terakhir ulangan, yang tidak banyak melakukan komunikasi verbal dan visual. Penggunaan model CTL dalam perkuliahan Problema Pembelajaran Sains memberikan dampak pada pengingkatan rerata kemampuan representasi mahasiswa. Perbedaan yang signifikan kemampuan representasi mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan CTL terletak pada aspek: memberikan response, kelengkapan gambar, membedakan variable, menghubungkan variable, dan kesederhanaan persamaan matematis. Penggunaan media kongkrit memberikan dampak lebih baik dari pada media video atau virtual pada representasi verbal dan visual. Penggunaan media kongkrit juga mendukung kelancaran pembelajaran dengan model CTL.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:24
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1405

    Actions (login required)

    View Item