PERAN GURU PAUD DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Pendidikan Pada Anak-anak Usia Dini di Kecamatan Matesih)

Hartati, Lilis (2012) PERAN GURU PAUD DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Pendidikan Pada Anak-anak Usia Dini di Kecamatan Matesih). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (286Kb) | Preview

    Abstract

    Lilis Hartati, ECD TEACHER ROLE IN IMPROVING EDUCATION EFFORTS TO CHILDREN AGES EARLY IN THE DISTRICT MATESIH (descriptive qualitative About Role In Improving early childhood Teacher Education Early Childhood Kids in District Matesih), Thesis, Department of Sociology, Faculty of Social and Political Sciences , University Eleven March, Surakarta, 2012 Departing from backgrounds that children are the future generation. Where, the education of children is noteworthy. Moreover, the education in Indonesia who are experiencing gloom. Kindergarten is a form of education for young children and early childhood education is the foundation for the development of the next child. Karenannya, early childhood education has a big hand in the education of the next generation. To improve children's education early age the establishment of early childhood education in each district. In its efforts to improve early childhood t be separated from the role of the labor educators that early childhood teachers sendiri.Penelitian aims to determine the role of early childhood teachers in District Matesih in improving children's education early age. The type of research was qualitative description with a foothold in the social definition paradigm and specifically take the Theory of Action as a study. Collecting data through in-depth interview technique with the help of an interview guide (interview guide), observation, documentation and questionnaires. The validity of data using triangulation of sources. Data analysis techniques used interactive analysis technique that moves from data reduction, data collection, data presentation, data presentation and conclusion. Based on the survey results revealed that in order to improve children's early childhood education, early childhood teachers have a variety of roles and lasted during the learning process in schools. The first role as a teacher, as a coach, as assistant or helper, as a mediator or peacemaker, as a buffer with fear, as the bearer of compassion, as a playmate and the latter as a surrogate parent. Lilis Hartati, PERAN GURU PAUD DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK USIA DINI DI KECAMATAN MATESIH ( Deskritif Kualitatif Tentang Peran Guru PAUD Dalam Upaya Peningkatan Pendidikan Anak-anak Usia Dini di Kecamatan Matesih), Skripsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2012 Berangkat dari latar belakang bahwa anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Maka, pendidikan anak-anak sangatlah perlu diperhatikan. Terlebih dunia pendidikan Indonesia yang sedang mengalami kesuraman. Taman Kanak-kanak adalah salah satu bentuk pendidikan untuk anak-anak usia dini dan merupakan fondasi bagi perkembangan pendidikan anak selanjutnya. Karenannya, pendidikan anak usia dini mempunyai andil besar dalam pendidikan generasi penerus bangsa. Untuk meningkatkan pendidikan anak-anak usia dini maka didirikannya PAUD di setiap Kecamatan. Dalam upayanya untuk meningkatkan pendidikan anak-anak PAUD, tidak lepas dari peranan para tenaga pendidiknya yakni para guru PAUD itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PAUD di Kecamatan Matesih dalam meningkatkan pendidikan anak-anak usia dini. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Deskripsi Kualitatif dengan berpijak pada paradigma Definisi Sosial dan secara khusus mengambil Teori Aksi sebagai bahan kajian. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam dengan bantuan panduan wawancara (interview guide), observasi, dokumentasi dan kuesioner. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data yang digunakan teknik analisa interaktif yang bergerak dari reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk meningkatkan pendidikan anak-anak PAUD, guru PAUD mempunyai peranan yang bermacam- macam dan berlangsung selama proses pembelajaran di sekolah. Yang pertama peranan sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai pembantu atau penolong, sebagai penengah atau pendamai, sebagai penyangga rasa takut, sebagai pembawa rasa kasih sayang, sebagai teman bermain dan yang terakhir sebagai pengganti orang tua.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 30 Apr 2014 05:04
    Last Modified: 30 Apr 2014 05:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14048

    Actions (login required)

    View Item